MK Ragukan Saksi AGK-FER

minahasa selatan

Tetty Paruntu: bupati Minahasa Selatan terpilih

Jakarta, KOMENTAR [5 November 2010] Sejumlah saksi yang dihadirkan pihak AGK-FER untuk membuktikan adanya penyuapan yang dilakukan kubu PANTAS terhadap Ketua KPUD Minsel Yurnie Sendow, diragukan oleh majelis hakim dalam sidang panel Mahkamah Konstitusi (MK) gugatan pilkada Minsel, Kamis (04/11) kemarin.

Pasalnya, dalam kesaksiannya, salah seorang saksi bernama Donald mengaku mengetahui adanya pemberian uang yang dilakukan pihak PANTAS ke Ketua KPUD Min-sel Yurnie Sendow, hanya berdasarkan perkataan orang lain bernama Icha. Hal ini langsung ditolak Achmad Sodiki selaku ketua majelis hakim panel.

Menurut Sodiki, persida-ngan menolak segala sesuatu yang tidak bersifat fakta. “Ja-ngan bilang kata orang atau menurut orang lain, tapi sebutkan apa yang anda lihat dan temukan,” tegas Sodiki terhadap saksi.

Hal serupa juga dilakukan beberapa saksi lain, sehingga Sodiki dengan tegas berpaling ke saksi selanjutnya. Sodiki bahkan sempat mengingatkan, bahwa pihak MK diberi kewenangan untuk meminta polri mengusut saksi yang menyampaikan kesaksian palsu.

“Saya ingatkan buat semua saksi, bila ada yang menyampaikan kesaksian palsu, sidang ini berwenang meminta kepolisian menyelidiki dan menahan pelakunya,” jelas Sodiki.

Selain sejumlah saksi, Plt Bupati Minsel Mekki Onibala, Sekda MC Kairupan serta Kaban Kesbangpol Alex Slat, juga turut memberi kesaksian seputar persiapan serta penyaluran dana panwaslu-kada. Sedangkan dalam sanggahan pihak terkait (PANTAS) yang disampaikan kuasa hukumnya Victor Nadapdap MH, sempat menyinggung Gubernur Sulut yang diduga sebagai dalang kecurangan guna memenangkan AGK-FER.

“Semestinya klien kami yang merasa dirugikan karena upaya melakukan berbagai kecurangan justru dilakukan AGK yang merupakan birokrat dengan didukung gubernur Sulut lewat Pejabat setempat,” tandas Nadapdap membacakan sanggahan.(jim)

Sumber: Harian Komentar, Jumat 5 November 2010.

One response to “MK Ragukan Saksi AGK-FER

  1. Hahay…. Bait yang di bawah itu coba ‘suruh telusuri lebih lanjut’, siapa sebenarnya yang bermain..dan siapa dalang dari ‘niat gugatan’ ini..he.he.he. Pasti ketemu dalangnya…. “Sakit Hati Sekali…” HIDUP PANTAS!

Leave a comment