12 Kumtua Bantah Dapat Motor Dari Tetty

Tetty Paruntu Bupati Minahasa Selatan terpilih

TRIBUN, AMURANG [Jumat, 5 Nov 2010]- Sebanyak 12 Hukum Tua dihadirkan sebagai saksi dalam lanjutan sidang guggatan hasil pemilukada Minsel yang dilayangkan oleh pasangan calon AGK-FER atas hasil pemilukada Minsel, dan semuanya membantah telah mendapatkan motor dari Tetty Paruntu, Jumat (5/11/10).

“Saksi 12 Hukum Tua yang dihadirkan oleh pasangan PanTas, semuanya membantah jika mereka menerima motor, dan menerima money politik lainnya,” ujar Tommy Moga, pesonil KPU Minsel yang mengikuti jalannya sidang, kepada Tribun Manado, Jumat.

Dilanjutkan oleh Tommy, sementara pihak KPU menghadirkan empat saksi, yakni Vecky Poli, Kasubag Hukum KPU Minsel, Refly Sumarah Ketua PPS Desa Temboan, Ventje Moray KPPS Desa Temboan dan Afrilus Mannopo, Kepala Sekretariat Panwaslukada Minsel.

“Kalau Vecky kami hadirkan bersaksi untuk menjelaskan tentang Daftar Pemilih Tetap di Minsel. Dan dirinya menjelaskan jika DPT dalam pemilukada putaran kedua di Minsel tidak akan berubah, sebab sesuai peraturan KPU, kalau putaran pertama tak ada yang capai 30 persen suara, maka putaran kedua tidak ada pemutakhiran data, tetap pakai DPT pada putaran pertama,” ujar Tommy menjelaskan.

Sementara saksi Refly Sumerah, memberikan kesaksian membantah tudingan pasangan AGK-FER mengenai ada 150 suara milik pasangan calon nomor urut empat yang sengaja dibuat tak sah.

“Jadi Refly sebagai Ketua PPS di desa tersebut membantahnya, memang ada 141 surat suara tak sah, karena memang hasilnya tidak sah saat dicoblos oleh pemilih yang bersangkutan, bukan anggota PPS yang sebabkan dan itu juga bukan hanya suara untuk AGK-FER, tetapi juga pada pasangan PanTas,” ulas Tommy.

Hal tersebut, menurut Tommy dikuatkan oleh kesaksian Ventje Moray, KPPS Desa Temboan. “Memang saat dibuka dari setelah pencoblosan, hasilnya tak sah, sebab bukan dicoblos, tetapi dirobek,” ujar Tommy menirukan kesaksian Moray.

Sementara Afrilus Manoppo Kepala Sekretariat Panwas Minsel, dalam kesaksianya mengatakan, malam terakhir menjelang pemunggutan suara, Panwaslukada Minsel tetap melakukan pengawasan.

Sidang sendiri menurut Tommy akan dilanjutkan Selasa pekan depan. “Setelah sidang Selasa minggu depan, keputusan satu dua hari mungkin sudah akan dihasilkan,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Johanis Mongkaren, Ketua Pemenangan AGK-FER mengatakan sidang tadi baru mendengarkan saksi dari KPU dan PanTas, dan Selasa nanti kembali saksi dari mereka akan dihadirkan.

“Tadi kan baru saksi dari AGK-FER dan Pantas, Selasa nanti, kembali saksi kami akan dihadirkan lagi, dan yang akan bersaksi ini dari berbagai lapisan masyarakat,” ujarnya.

Tambahnya, saksi yang akan mereka hadirkan sesuai permintaan hakim di MK sebanyak 15 orang. “Sesuai permintaan hakim 15 orang, tetapi total kami bawa saksi ke MK ada sekitar 50an orang,” ulasnya. (vid)

Sumber: Tribun Manado, Jumat 5 November 2010.

Yurnie Tetap Ngotot Gugat Balik AGK-FER

TRIBUN, AMURANG – Tudingan pasangan calon AGK-FER dalam sebuah materinya yang menuding Ketua KPU Minsel Yurnie Sendow, disuap oleh Tetty sebesar Rp 150 juta untuk membeli Mobil Avanza dan Kapling Rumah dimana dalam persidangan MK saksi AGK-FER mengatakan hanya dengar dari orang, siap diguggat balik oleh Yurnie.

“Tentang itu, Ketua KPU belum menarik keputusannya, dan akan menggugat balik AGK-FER setelah sidang-sidang di MK selesai,” ujar Tommy Moga.

Apalagi menurut Tommy, mereka sudah rapatkan bersama hal tersebut di internal KPU Minsel, dan sudah menghasilkan keputusan, jika Ketua KPU akan gugat balik, karena merupakan bentuk fitnah.

Sementara Ketua Tim Pemenangan AGK-FER Johanis Mongkaren ketika dikonfirmasi masalah tersebut mengatakan, jika tudingan suap Rp 150 juta tersebut atas laporan LSM Bela Pancasila ke Polda Sulut dan Kejati Sulut.

“Itu atas laporan LSM Bela Pancasila ke Polda dan Kajati Sulut, dan masuk ke kami sehingga LSM tersebut bersaksi ke Persidangan di MK,” ujarnya.

Ditanyakan apakah LSM tersebut dihadirkan oleh Pihak AGK-FER sebagai saksi, dikatakan oleh Mongkaren memang mereka yang menghadirkan saksi tersebut.

“Ya, ya, kami memang yang menghadirkan mereka sebagai saksi,” pungkasnya. (vid)

Sumber: Tribun Manado, Jumat 5 November 2010.

Onibala Bersaksi di MK

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG – Penjabat Bupati Minsel, Drs Mecky Onibala memberikan keterangan pada persidangan gugatan pemilukada Minsel yang diajukan oleh Pasangan Calon AGK-FER, yakni dimintai keterangan mengenai kucuran dana ke Panwaslukada Minsel.

“Yang dipanggil bersaksi tadi, Penjabat Bupati, Sekda Minsel dan Kadis Keuangan, yaitu ditanyakan mengenai kucuran dana dari Pemkab Minsel ke kami apakah ada atau tidak,” ujar Ketua Panwaslukada Minsel, Terry Frans kepada Tribun Manado, Kamis (4/11/10).

Menurut Terry, Pemkab Minsel memang ada mengucurkan dana ke mereka, tetapi sesuai MOU belum semuanya terealisasi, namun meski belum dikucurkan semuanya, pengawasan tetap jalan.

“Ada kucuran dana dari Pemkab seperti yang terungkap di persidangan tadi, walau memang belum semuanya tetapi kami tetap lakukan pengawasan,” ujarnya.

Lanjut Terry, selain itu dalam persidangan kemarin, saksi-saksi yang dihadirkan oleh AGK-FER tak masuk akal semuanya, karena ditanyakan money politik dan suap ke Ketua KPU Minsel, semuanya mengaku hanya dengar dari orang.

“Terbukti tadi, saksi-saksi dari AGK-FER tak masuk akal semuanya, seperti tahu dari mana kalau Ketua KPU Minsel disuap, katanya hanya dengar dari orang bicara,” ujar Terry.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua KPU Minsel, Yurnie Sendow, bahkan menurut Yurnie saksi AGK-FER ditanyakan terjadinya money politik juga mengaku hanya dengar orang.

“Saksi mereka mengaku hanya dengar, seperti ditanya tahu dari mana pasangan Tetty-Tandayu melakukan money politik, mereka katakan hanya dengar dari orang. Begitu juga tudingan money politik atau suap ke saya, mereka mengaku hanya dengar dari orang,” ujar Yurnie.

Sidang sendiri akan dilanjutkan Jumat (5/10/11) dengan agenda mendengarkan saksi dari pihak termohon, yakni dari KPU Minsel dan Pasangan Calon Tetty-Tandayu. (vid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s