Gugatan AGK Ditolak, KPU dan PanTas Menang Sidang di MK

Minahasa Selatan

Christiany Eugenia "Tetty" Paruntu bersama para pendukungnya di Mahkamah Konstitusi. Sesuai keputusan MK, Tetty Paruntu sah sebagai Bupati Minahasa Selatan 2010-2015.

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG [Kamis, 18 November 2010 | 17:26 WIB]- Ketua Majelis Hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak semua dalil gugatan yang dilayangkan pasangan calon Asiano Gemmy Kawatu (AGK) – Felly Estelita Runtuwene (FER), dan memenangkan KPU Minsel dan pasangan calon Tetty Paruntu – Sonny Tandayu (PanTas), dalam sidang dengar putusan, Kamis (18/11/10).

“Sidang baru kelar, hasilnya semua dalil guggatan yang dilayangkan pasangan calon AGK-FER ditolak hakim,” ujar Tommy Moga personil KPU Minsel kepada Tribun Manado, Kamis.

Lanjutnya, ini bukan berbicara masalah dimenangi oleh KPU dan PanTas, tetapi kemenangan di MK ini menurutnya adalah kemenangan rakyat Minsel.

“Bukan berbicara mengenai kemenangan kami dan PanTas, tetapi ini adalah kemenangan seluruh rakyat Minsel,” ujar Tommy.

Lanjutnya dengan kemenangan ini, maka mereka setiba di Amurang, akan langsung rapat untuk pengusulan pelantikan Pasangan Pantas ke DPRD dan Pemkab Minsel.

“Pekan depan kami sudah bisa usul ke ke DPRD dan Pemkab mengenai pelantikan,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Minsel, Yurnie Sendow sangat bersyukur atas kemenangan ini, apalagi tidak terbukti dalil gugatan penyupan kepada dirinya.

“Puji Tuhan kami menang, termaksud gugatan dugaan penyuapan kepada saya tidak terbukti,” ungkapnya.

Dirinya mengaku akan merapatkan lagi tentang niat menggugat balik, tetapi gugatan balik atas pencemaran nama baik pasti akan dilakukannya.

“Gugatan balik kami akan rapatkan, tetapi saya memang berniat menggugat balik,” ujarnya. (Dikutip dari: Tribun Manado)

AGK-Fer Ikhlas Putusan MK

AMURANG, TRIBUN- [Kamis, 18 November 2010 | 09:17 WIB]Kendati baru hari ini putusan perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu, namun kubu Kawatu-Runtunewe agaknya lebih memilih pasrah. Bahkan, AG Kawatu yang melayangkan gugatan hasil Pemilukada Minsel putaran kedua, mengaku ikhlas menerima apapun keputusan MK.

“Kita ikhlas menerima  apapun keputusan MK,” ucapnya melalui pesan pendek, Rabu (17/11). Namun berbeda dengan Kawatu, Hendrik Assa, Kuasa Hukum AGK-FER masih merasa gugatannya menang. Bahkan, dia mengaku optimis. Apalagi saksi yang mereka ajukan ke persidangan sesuai dengan kebutuhan MK.

“Guggatan yang kami ajukan sudah memenuhi tiga unsur di MK, yakni terstruktur, sistematis dan masif. Sehingga kami jelas memohon membatalkan hasil pemilukada Minsel,” jelas Hendrik. Terkait pelanggaran-pelanggaran yang seharusnya masuk ranah pidana, Hendrik menjelaskan, karena Panwas tak berfungsi.

Sehingga tak bisa mengawasi pelanggaran pidana seperti money politics. “Kami yakin dan optimis permohonan kami dikabulkan,” ujarnya, terpisah. Anggota KPU Minsel, Tommy Moga justru berpendapat sebaliknya. Menurutnya, gugatan Kawatu-Runtunewe lemah. Sebab katanya, gugatan ke KPU Minsel semuanya lemah.

Katanya, gugatan adanya dugaan penggelembungan suara di Kelurahan Bitung, yakni di TPS 1,3 dan 4, tidak berdasar. Selain itu, gugatan Kawatu-Runtunewe juga tidak seluruhnya kepada KPU Minsel, sebagian ke Panwaslukada Minsel seperti politik uang.

“Kalau money politics itu ditujukan pada pasangan PanTas tetapi itupun susah mereka buktikan. Sementara tak adanya pengawasan dari Panwas Minsel, mereka seperti mengadu ke MK. Tetapi apa yang KPU Minsel jalankan tahapannya tak ada yang merugikan AGK-FER,” ujarnya.

Dikatan Tommy lagi, mengenai tak adanya pengawasan malah saksi yang dihadirkan AGK-FER menguatkan jika ada pengawasan. Padahal, kehadiran Penjabat Bupati Minsel Mecky Onibala, Sekda Minsel M C Kairupan, Kepala Kesbang Minsel Alex Slaat dan Anggota Bawaslu Provinsi Tommy Sumakul, bersaksi di MK adalah atas permintaan AGK-FER.

“Info dari tim pengacara kami, mereka dihadirkan AGK-FER. Karena MK kan menyuruh KPU, Pantas dan AGK-FER siapkan saksi. Namun kesaksian mereka (Bupati, Sekda dan Kepala Kesbang), mengenai ada atau tidaknya kucuran dana ke Panwas, yang dijawab ada, menandakan Panwas ternyata ada dan bekerja,” jelas Tommy.

Tentang tudingan adanya suap ke Ketua KPU Minsel, malah terungkap di sidang saksi AGK-FER hanya dengar dari orang. Meski yakin menang, tetapi menurutnya KPU Minsel akan menghormati segala keputusan MK,  seperti jika menyuruh PSU dibeberapa tempat, maka KPU akan laksanakan.

“Apapun putusan MK kami hormati, jika memang ada item dalam putuskan yang harus kami jalankan, maka kami jalankan,” ujarnya. Jika dalam putusan MK, guggatan AGK-FER ditolak, maka mereka tentunya juga siapkan untuk mengajukan pengusulan pasangan PanTas untuk dilantik. Sebab menurutnya KPU Minsel sudah selesai lakukan seluruh tahapan, tinggal pengajuan pasangan terpilih yang akan dilantik.

“Dalam tahapan kami kan tanggal 14 November pelantikan, tetapi kalau memang kami menang, maka kami akan usulkan lagi pelantikan tersebut seusai sidang di MK, ke Pemkab Minsel dan DPRD Minsel, dan mereka akan ajukan ke gunernur lalu ke Mendagri, ikut mekanisme lah.” terangnya.

Jika KPU dimenangkan, maka katanya lagi, pelantikan pasangan PanTas sebangai bupati dan wakil terpilih yang tergeser dengan agenda persidangan ini, bisa dilaksanakan akhir November atau awal Desember.

PDIP dukung

Rommy Pondaag, Ketua DPC PDIP Minsel, yang partainya mendukung AGK-Fer pada putaran kedua, mengatakan, jika sudah ada putusan MK maka mereka akan hormati dan menerimanya.

“Apapun segala bentuk hasilnya maka kami akan dukung, entah dia menguntungkan pasangan AGK-FER atau menguntungkan pasangan PanTas, tetap kami akan dukung keputusan MK tersebut,” ujar Pondaag.

Sebab menurutnya, keputusan MK bersifat tetap dan harus segera dijalankan. “Keputusan MK itu bersifat mengikat  dan harus langsung dijalankan, sehingga apapun keputusannya nanti kami akan dukung,” ujar Pondaag lagi. Terpisah, sejumlah elemen warga juga menyerukan para pihak bisa legowo menerima hasil MK.

Mereka juga meminta para pihak tidak terpancing emosi menyikapi hasil akhirnya. Mereka yang menyeru yakni Pnt Steven Tuwondila, Ketua Pemuda Wilayah Amrng Satu, Pnt Yubel Pandey, Ketua Pemuda Wilayah Tatapaan, Pnt Stovel Lintjewas, Pnt Johnly Kasenda, Pnt Yubel Lengkong, Pnt Itin Joseph, Henli Tuela Ketua GAMKI Sultra, dan Hesky Kumajas, Ketua IMAMINSEL.

“Yang patut dijaga keamanan agar warga dan para pendukung kandidat dua-dua pasangan calon, tidak terpancing emosinya sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Henli. Lanjutnya, jika terjadi hal-hal negatif maka yang dirugikan adalah warga Minsel sendiri. Mereka juga berharap tidak ada massa pendukung yang berkumpul di sejumlah titik tertentu. “Karena bisa saja hal itu menjadi pemicu. Lebih baik masyarakat lebih mementingkan aktivitasnya seperti biasa,” pinta Henli.

Mereka berharap warga Minsel tetap menjaga suasana kondusif.  “Sebagai masyarakat apapun hasil itu kita hormati bersama karena yang sudah diputuskan merupakan keputusan yang adil dan terbaik untuk Minsel, dan kita berdoa saja, sebab  keputusan itu adalah berasal dari Tuhan,” ujarnya menjelaskan.

Berdasarkan situs http://www.mahkamahkosntitusi.go.id, hari ini (18/11) sidang perselihan Pemilukada Minsel dengan penggugat AG Kawatu dan E Runtunewe dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB, dengan agenda putusan. (vid)

Sumber: Tribun Manado, Kamis 18 November 2010.

Tetty Paruntu Berterima Kasih pada AGK-FER

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG – [Kamis, 18 November 2010 | 18:58 WIB] Asiano Gemmy Kawatu (AGK) menerima hasil putusan sidang sengketa pemilukada Minsel yang berlangsung di MK, dan secara spontan dirinya yang hadir dalam sidang tersebut bersama pasangan calon wakil bupati Felly Runtuwene, langsung memberikan ucapan selamat pada pasangan Tetty Paruntu – Sonny Tandayu (PanTas) yang juga hadir langsung di sidang, Kamis (18/11/10).

“Kita menerima saja, walaupun saksi dan bukti yang ada cukup kuat,” ujarnya kepada Tribun Manado, Kamis.

Dirinya juga mengaku sudah memberikan ucapan selamat kepada pasangan PanTas dengan langsung menyalami mereka. “Sudah, saya sudah ucapkan selamat,” pungkasnya.

Robby Sangkoy, Ketua Pemenangan pasangan PanTas mengatakan dirinya juga berterima kasih, karena AGK-FER dengan jiwa besar secara spontan langsung datang memberikan selamat.

“Dengan jiwa besar AGK-FER mengucapkan selamat kepada Tetty dan Sonny dan menyatakan akan mendukung jalannya pemerintahan melalui sumbangsih konsep-konsep mereka, ini menunjukan jika mereka memiliki semangat membangun bersama di Minsel,” ujarnya.

Tetty Paruntu, Bupati terpilih juga sangat berterimakasih kepada AGK-FER, rakyat minsel dan tentunya pada Tuhan atas kemenangan dalam sidang putusan ini.

“Tentunya saya berterimakasih pada Tuhan karena hari ini kami menang dan seluruh warga Minsel atas dukungannya. Juga Pak Gemmy dan Ibu Felly yang sudah ucapkan selamat dan menyatakan mendukung jalannya pemerintahan di Minsel,” ucap Bupati perempuan pertama di Minsel ini.

Milik Rakyat

Robby Sangkoy, Ketua Tim Pemenangan Pantas mengatakan kemenangan pada sidang di MK ini, berarti PanTas bukan lagi hanya milik pendukung tetapi milik seluruh warga Minsel.

“Kemenangan ini milik seluruh rakyat Minsel tanpa terkecuali, bukan lagi hanya milik pendukung,” ujarnya.

Untuk itu diharapkannya, para pendukung PanTas di Minsel tidak melakukan sikap-sikap arogansi, sehingga tidak menimbulkan gejolak-gejolak yang tidak diinginkan.

“Saya sebagai Ketua Pemenangan berharap pendukung tidak melakukan sikap arogansi, sebab kemengangan ini milik seluruh warga Minsel, mari kita buat kesejukan bersama,” ujarnya. (vid)

Vreeke: PanTas Memang Pantas Pimpin Minsel!

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – [Kamis, 18 November 2010 | 21:12 WIB] Kendati tengah sibuk mempersiapkan Rakerda Golkar Sulut 24-26 mendatang namun pengurus DPD I tetap mengutus utusan untuk mendampingi sidang pasangan Tetty Paruntu-Sonny Tandaju (PanTas) di MK.

Adapun pihak DPD I menyatakan yakin atas kemenangan cabup-cawabup utusan partainya di Minsel karena dalan dua kali pemilihan calon mereka ini meraih angka yang signifikan.

“Secara defacto mereka (PanTas) sudah menang. Di MK ini kan hanya tinggal dejure saja. Sehingga dari awal kami pimpinan Golkar yakin Pantas memang wajar dan pantas untuk memimpin daerah Minsel,” ungkap Ketua DPD I Golkar Sulut Stefanus Vreeke Runtu, Kamis (18/11/2010).

Ada rasa kebanggaan kata Vreeke dengan kemenangan ini. “Ini bukti kader Golkar tetap solid dan selalu berjuang untuk berlomba-lomba memberikan pengabdian kepada masyarakat,” kata Vreeke.

Adapun pengurus harian DPD I Golkar yang hadir di MK tadi, Hanny Sumakul kepada Tribun Manado mengatakan kehadirannya sebagai perwakilan pengurus Golkar Sulut untuk memberikan suport kepada PanTas. Dalam sidang ini katanya, PanTas harus didamping karena setiap kandidat pengugat pun hadir lengkap dengan pendukungnya.

“Pimpinan sidang Pak Mahmud sempat mengatakan tadi malam Ia banyak mendapat SMS yang menyatakan bahwa dia menerima suap suap. Pak Mahmud bahkan menyatakan Ia siap diperiksa KPK,” kata Hanny.

Dari situasi sidang ini, kata Hanny kedua kubu pemohon (penggugat) dan tergugat yaitu PanTas dan KPU Minsel tampak tegang. Apalagi saat pihak pemohon mempersoalkan delapan Pelanggaran. “Namun dalil pemohon menurut MK tidak beralasan jadi PanTas dinyatakan harus segera dilantik,” kata Hanny.

Menurut Hanny pembahasan paling seru dalam sidang ini saat pembahasan dalil pemberian 55 motor kepada Hukum Tua, yang diberikan oleh PanTas. Dalil itu tidak terbukti karena sama sekali tidak mencantumkan pihak terkait (PanTas) dalam serah terima barang tersebut.

Jadi dalam sidang MK secara hukum tidak terkait karena serah terima ditandatangi oleh hukum tua dan dealer. “MK tidak menyakini motor tersebut diberikan oleh pihak terkait. Motor tersebut tidak terkait dengan pihak terkait. Dalil suap kepada ketua KPUD Minsel tidak terbukti,” ujar Hanny.

Sumber: Tribun Manado, 18 November 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s