Sonny Terus Sumringah [3 Berita]

Rapat pleno KPUD 19 Oktober 2010 di New Century Amurang menetapkan PANTAS sebagai pemenang pemilukada putaran 2 Minsel.

I. Sonny Terus Sumringah

TRIBUN, AMURANG – Raut wajah Sonny Tandayu, calon wakil Bupati yang berpasangan dengan Tetty Paruntu, terus terlihat sumringah, sesaat setelah personil KPU Minsel mengetok palu hasil pleno penetapan hasil rekapitulasi pemilukada Minsel, Selasa (19/10/10).

Sebagai satu-satunya calon yang hadir saat pleno, dirinya bersama pendukung lainya yang memadati, gedung New Century tersebut, terlihat langsung memberikan tepuk tangan atas suksenya pelaksanaan pleno.

Setelah selesai acara, mantan Asisten Satu Pemkab Minsel ini langsung menyalami semua orang yang hadir, mulai dari Anggota KPU, Panwaslukada, Kapolres Minsel, serta semua pengunjung yang hadir dalam acara tersebut.

Ketika diwawancarai, dirinya merasa sangat senang, meski begitu dirinya belum mau berkomentar banyak, sebelum nantinya dilantik secara resmi sebagai wakil bupati Minsel.

“Terimakasih atas dukungan, sehingga hasil pleno ini saya bersama Ibu Tetty dinyatakan menang. Namun, kalau sudah dilantik secara resmi, itu baru resmi,” ujar Suami dari Ivone Rarang ini (Tribun Manado 19/10).

II. Wah, 31618 Warga Minsel Tak Memilih

TRIBUN, AMURANG – Hasil pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten yang digelar di Restaurant New Century, Selasa (19/10/10) menempatkan pasangan Tetty Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas) menang dengan selisih 15887 suara.

Dari hasil pleno tersebut, pasangan PanTas juga menguasai suara hampir di 17 Kecamatan di Minsel, dan hanya kalah di Kecamatan Tareran. (Selengkapnya lihat grafis)

Total suara sah adalah sebanyak 118 723, sementara suara Tidak sah mencapai 1448. Sehingga dari total dalam DPT 154789, masyarakat Minsel yang tak memberikan hak suaranya dalam pemilukada putaran dua ini mencapai 31618 pemilih.

Menanggapi hasil tersebut, Panwaslukada Minsel menyatakan hasilnya telah sah. Jikapun ada keberatan dari pasangan AGK-Fer, dan ingin melakukan gugatan ke MK, maka mereka siap menghadapinya.

“Hasilnya kami nyatakan sah. Mengenai keberatan mereka kalau kami tak mengawas, saya no comennt. Nanti kita buktikan bersama di MK, kalau mereka mau menggugat,” ujar Terry.

Hal senada juga dikatakan oleh Elko Mamesah dan Maxi Egeten, personil Panwaslukada lainya.

“Hasil pleno ini sah. Mengenai keberatan, yang mereka ajukan katanya kami tak nengawas. Lihat saja kami sekarang melakukan pengawasan,” pungkas Maxi yang dibenarkan Elko. (Vid) (Tribun Manado 19/10).

Hasil Resmi Pleno Rekapitulasi Putaran Dua Minsel:

Kecamatan Ranoyapo
AGK-Fer : 3166
PanTas : 3500

Kecamatan Tompaso Baru
AGK-FER : 2382
PanTas : 4707

Kecamatan Motoling Timur:
AGK-Fer: 2487
PanTas: 2900

Kecamatan Sinonsayang
AGK-Fer: 3969
PanTas: 4595

Kecamatan Tenga
AGK-Fer: 4398
PanTas: 6063

Kecamatan Amurang Timur
AGK-Fer: 3332
PanTas: 4456

Kecamatan Tareran:
AGK-Fer : 4874
PanTas: 3396

Kecamatan Sulta:
AGK-Fer : 2140
PanTas: 2492

Kecamatan Tatapaan:
AGK-Fer: 2098
PanTas: 3021

Kecamatan Modoinding:
AGK-Fer : 2433
PanTas: 4117

Kecamatan Motoling:
AGK-Fer: 1997
PanTas: 2806

Kecamatan Motoling Barat:
AGK-Fer: 1813
PanTas: 2969

Kecamatan Kumelembuai:
AGK-Fer: 1685
PanTas: 2531

Kecamatan Amurang Barat:
AGK-Fer: 4075
PanTas: 5435

Kecamatan Amurang:
AGK-Fer: 3989
PanTas: 5940

Kecamatan Maesaan:
AGK-Fer: 2149
PanTas: 3752

Kecamatan Tumpaan:
AGK-Fer: 4431
PanTas: 4624

Total
AGK-Fer: 51 418 : 43,31 persen
Pantas: 67305 : 56,69 persen

Suara Sah: 118 723: 100 persen
Tidak sah: 1448
Pemilih: 120171
DPT: 154789

III. Saksi AGK-Fer Tolak Tandatangan Hasil Pleno KPU Minsel

TRIBUN, AMURANG – Saksi pasangan calon Asiano G Kawatu-Felly Runtuwene (AGK-FER) Ivan Rumokoy, menolak menandatangani pleno penetapan hasil pemilukada putaran kedua Minsel, yang digelar di Restaurant New Century, Selasa (19/20/20), dan mengajukan keberatan resmi ke KPU Minsel.

Pantauan Tribun Manado, pleno yang dimulai pukul 11.00 Wita ini, dihadiri oleh saksi dari masing-masing pasangan calon, yakni Ivan Romokoy untuk AGK-Fer, Jhon Sorongan saksi pasangan Tetty Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas). Sementara untuk Pasangan Calon, hingga selesai acara, hanya Sonny Tandayu calon wakil bupati yang berpasangan dengan Tetty Paruntu yang hadir.

Sejak perhitungan untuk Kecamatan Ranoyapo sebagai kecamatan pertama yang selesai direkapitulasi hasilnya, Ivan Rumokoy saksi dari AGK-Fer, terus menyampaikan keberatan, saat Royke Suoth, personil KPU Minsel menanyakan apakah data saksi sama.

“Kami menyatakan seluruh perhitungan kami belum menyetujuinya, dan kami keberatan,” ujar Rumokoy.

Personil KPU Royke Suoth menanggapi, jika keberatan sampaikan sebentar. Sebab yang mereka tanyakan adalah apakah pleno di Kecamatan Ranoyapo, sama dengan data saksi.

Rumokoy pun menjawab, untuk sementara mereka menyatakan sama. Dan KPU Minsel langsung memgetuk palu untuk Kecamatan pertama tersebut.

Keberatan yang dilontarkan oleh Rumokoy, kembali terjadi untuk dua kecamatan selanjutnya setelah Ranoyapo, yakni Tompaso Baru dan Motoling Timur.

Pada Kecamatan Tompaso Baru, Rumokoy menanyakan kepada Para PPK yang hendak membacakan hasil pleno mereka, apakah saksi AGK-Fer menandatangani hasil pleno di tingkat kecamatan tersebut.

Lalu dijawab oleh para PPK Tompaso Baru, jika saksi AGK-Fer hadir dalam pleno dikecamatan hingga selesai acara, namun mereka tidak mau tandatangan berita acara.

Mendengar hal tersebut, Royke Suoth anggota KPU Minsel mengatakan, berarti mekanisme yang dilakukan oleh PPK sudah benar, hanya saksi AGK-Fer saat itu yang tak mau tandatangan.

Meski begitu, Ivan Rumokoy tetap berkeras tidak setuju, dan tidak sah. Begitu pula saat Kecamatan berikut, yakni Motoling Timur hendak digelar, kembali dirinya menyatakan keberatan.

“Kami tidak setuju,” ujar Rumokoy.

Personil KPU Minsel pun menanyakan keberatannya di mana. Dijawab oleh Rumokoy mereka keberatan seluruh pleno.

Royke Suoth pun menegaskan, kami terima keberatan itu, dan jika mau disampaikan maka secara resmi setelah pleno ini. “Tetapi yang kami tanyakan apakah data kecamatan Motoling Timur sesuai dengan data bapak, cuma itu pertanyaan saya,” ujar Suot menegaskan.

Setelah tiga kecamatan tersebut selesai direkapitulasi, kecamatan-kecamatan selanjutnya berlangsung dengan lancar.

Resmi Serahkan Keberatan

Selesai 17 Kecamatan direkapitulasi, dan saatnya penandatanganan berita acara. Ivan Rumokoy saksi dari AGK-Fer pun menolak penandatangan berita acara tersebut, dan secara resmi memasukan keberatan ke KPU Minsel.

Sehingga hanya Jhon Sorongan, saksi dari pasangan Pantas saja yang menandatangani berita acara dari saksi.

Isi keberatan yang dimasukan tim sukses AGK-Fer, langsung dibacakan oleh personil KPU Minsel, yakni pertama mereka keberatan, Panwas tak melakukan tugas sebagaimana fungsinya, dibuktikan dengan pernyataan Panwas Minsel mogok, karena tak ada dana operasional.

Kedua, karena tidak ada pengawasan banyak terjadi money politik yang merugikan pasangan AGK-Fer.

Ketiga, Hukum tua tidak netral, berkampanye mengajak warga memilih Pantas, dan ada yang bagi Raskin atas nama Pantas.

Keempat, Di Desa Temboan kecamatan Maesaan, ada surat suara AGK-fer dirusak.

Kelima, ada di beberapa TPS, DPT yang digunakan KPU Minsel, berbeda dengan DPT saat pencoblosan lalu.

Berdasarkan hal itu, pasangan AGK-Fer menanganggap pemilukada putaran kedua cacat hukum. Mengenai bukti dan saksi akan menyusul.

Hal tersebut langsung ditanggapi oleh Ketua KPU Minsel, Yurnie Sendow bahwa semua inti keberatan tidak berhubungan dengan pleno rekapitulasi.

“Semua tidak berhubungan dengan KPU Minsel,” ujarnya.

Ketua Panwas, Terry Frans yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, diberikan kesempatan untuk menanggapi.

“Keberatan yang diajukan, sama sekali tidak berhubungan dengan acara pleno saat ini tentang rekapitulasi. Kalau keberatan dan mau menggugat, silahkan tiga hari setelah pleno ini,” ujar Terry Frans, Ketua Panwaslukada Minsel menambahkan.

Hasil pleno rekapitulasi suara pun langsung dinyatakan sah. Mengenai berita acara yang tak ditandatangani saksi AGK-Fer, menurut Royke Suoth anggota Panwaslukada Minsel, sesuai aturan yang ada walau tak saksi menolak menandatangani, hasil pleno tetap sah.

“Sesuai peraturan KPU, apabila berita acara tidak ditandatangani pasangan calon, dinyatakan sah,” pungkas Suoth. (vid).(Tribun Manado 19/10).

Sumber: Tribun Manado, 19 Oktober 2010.

4 responses to “Sonny Terus Sumringah [3 Berita]

  1. Adolf Sinolunga

    Tabea waya poow-poow Tou Minsel. Pemilukada Minsel 2010 dgn angka-angka: DPT 154.789; suara sah 118.723; tak sah 1.448; tak beri suara 31.618. Artinya sebagian besar pemilih telah gunakan hak pilihnya dgn baik sesuai aturan. Hampir semua kecamatan menunjuk kemenangan pasangan Teety Paruntu dan Sonny Tandayu (Pantas). Teladani AGK yang mengaku menang secara iman. Kemenangannya tertunda. Next time better AGK! Kemenangan pasangan Pantas adalah kemenangan kita semua rakyat Minsel. Satukan tekad kita semua, majukan dan sejahterakan masyarakat Minsel dengan pilot-co pilot Tetty Sonny. Mari ucapkan Selamat dan Sukses kepada Bupati-Wakil Bupati kita semua di Minsel. Pakatu’an wo Pakalowiren, Cita Waya Esa!

  2. Sangkoy : Itu Hanya Kemauan Dari Segelintir TS AGK-Fer

    Selasa, 19 Oktober 2010 | 20:31 WIB
    Laporan Wartawan Tribun Manado David Perdana Kusumah

    TRIBUN, AMURANG – Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Tetty Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas) Robby Sangkoy, menilai jika keinginan mengugat hasil pemilukada putaran kedua Pemkab Minsel, bukanlah langsung dari A G Kawatu (AGK) dan Ibu Felly Runtuwene, tetapi hanya segelintir orang dari Tim Sukses (TS) mereka.

    “Saya pribadi merasa, Bapak AGK dan Ibu Felly memiliki jiwa besar untuk menerima hasil ini, dan saya nilai itu hanya kemauan dari segelinintir tim sukses mereka saja. ” ujar Sangkoy kepada Tribun Manado, Selasa (19/10/2010).

    Dikatakan olehnya lagi, jika memang mereka berniat menguggat itu adalah hak politik mereka, tetapi substansi keberatan semua tak berdasar. “Itu hak politik mereka kalau mau ke MK, sebagai bagian dari dinamika politik. Tetapi subtansinya apa, dalam pleno rekapitulasi tadi, hasil perolehan suara sudah sesuai dari tingkat KPPS, kecamatan sampai kabupaten,” ujar Sangkoy.

    Lanjutnya, jika mereka mempermasalahkan masalah pengawasan, buktinya dari tingkat KPPS, kecamatan dan Kabupaten ada tandatangan dari PPL, PPK dan Panwaslukada. “Di tingkat KPPS ada tandatangan PPL, kecamatan ada tandatangan PPK, begitu juga kabupaten ada tandatangan Panwaslukada,” ujarnya.

    Dirinya juga membantah tudingan Money Politik. “Sama sekali tidak ada money politik seperti yang mereka tuding. Dan masyarakat sudah cerdas memilih sesuai hati nurani mereka,” ujarnya menjelaskan.

    Diharapkannya, kedepan marilah semua pihak bergandengan tangan untuk membangun Minsel. “Marilah kedepan kita bergandengan tangan bersama membangun Minsel,” pungkasnya.

    Meski tak hadir dalam pleno penetapan suara hasil pemilukada Minsel, calon Bupati Minsel Tetty Paruntu menuliskan curahan hati, pada status Facebook (FB) Chirtiany-Euginia Tetty Paruntu Full, miliknya yang ditag 17 jam lalu ketika dibuka Selasa (19/10/10) pukul 18.00 Wita.

    Dimana inti dari status tersebut, adalah beysukur atas hasil dari KPUD Minsel
    apabila ada upaya dituntut ke Mahkamah Konstitusi, dirinya akan menyiapkan hati dan pikiran, serta berdoa agar apa yang sudah TuHAN kehendaki itu yang terbaik untuk Minsel.

    Berikut adalah kutipan dari status akun jejaring sosial Facebook yang di tag oleh calon Bupati dari PG Minsel ini.

    “Apapun hasil dari KPUD Minsel, kita harus tetap beryukur, apabila ada upaya dituntuk keMK, siapkan hati dan pikiran serta berdoa agar apa yang sudah TuHAN kehendaki itu yang terbaik utk Minsel. PANTAS sangat siap utk menghadapi setiap persoalan krn ada Tuhan menyertai kita semua. Dng Allah akn kita lakukan perbuatan2 gagah perkasa, sebab Ia sendiri akn menginjak2 para lawan kita. Maz:108:14 Tetap tenang dlm hadiratnya Gbu”.

    http://tribunmanado.co.id.42412.masterweb.net/read/artikel/9604#

  3. Kubu AGK-FER Siapkan Gugatan ke MK
    PANTAS Unggul 15.887 Suara

    Amurang, KOMENTAR [20 Oktober 2010]. Pasangan yang diusung Partai Golkar, Christiany Euginia Paruntu-Sonny Tandayu (PANTAS) menang cukup telak atas rivalnya, pasangan Asiano Gamy Kawatu-Felly Runtuwene (AGK-FER) di Pemilukada Minsel putaran II. Hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara yang digelar KPUD Minsel kemarin (19/10), menempatkan PANTAS sebagai pemenang setelah unggul 15.887 suara atas saingannya.

    Dalam rekapitulasi perhitu-ngan suara, PANTAS meraup 67.305 suara (56,69 persen) dari 118.723 suara sah pemi-lih. Sedangkan AGK-FER ha-nya mampu mendulang 51.418 suara (43,31 persen). Rencana-nya, Rabu (20/10) ini, KPUD Minsel akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan PAN-TAS sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Minsel terpilih, bertempat di RM Cen-tury Amurang.

    “Besok (hari ini,red) KPUD akan menggelar rapat pleno penetapan calon bupati. Kami mengundang panwaslukada, seluruh PPK serta pasangan calon untuk menghadiri rapat pleno penetapan ini,” ujar Ketua KPUD Minsel, Yurnie Sendow SIP MSi kepada koran ini, kemarin.

    Dalam rapat pleno kemarin itu, seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membaca-kan hasil perolehan suara di setiap kecamatan dan dihadiri oleh saksi pasangan calon masing-masing, John Soro-ngan dari PANTAS serta Ivan Rumokoy dari AGK-FER di-dampingi tim sukses masing-masing. sedangkan para kan-didat yang hadir hanya Drs Sonny Tandayu, calon wakil bupati dari Partai Golkar.

    Saksi AGK-FER, Ivan Rumo-koy melakukan aksi penola-kan menandatangani berita acara, karena menganggap pemilukada diwarnai berbagai pelanggaran dan langsung memasukkan keberatan ke KPUD. “Memang saksi pasa-ngan AGK-FER tidak menan-datangani berita acara rapat pleno. Namun, pasangan AGK-FER tidak mempersoal-kan hasil perolehan dan per-hitungan suara dalam pemi-lukada putaran kedua. Bukti-nya dalam surat keberatan yang dimasukkan tidak ada item yang menyebutkan kebe-ratan soal hasil perolehan dan perhitungan suara. Berarti mereka setuju atas hasil per-olehan dan perhitungan sua-ra. Namun sangat disayang-kan saksi AGK-FER tidak menandatangai berita acara. Meski begitu, rapat pleno te-tap sudah sah dan sesuai atu-ran meski tidak ditandata-ngani salah satu saksi pasa-ngan calon,”ujar personel KPUD, Royke Suoth, yang di-percayakan memandu rapat pleno.

    Rapat pleno kemarin diha-diri seluruh anggota KPUD serta seluruh personel Ang-gota Panwaslukada Minsel didampingi panwascam. Se-lain itu, hadir pula Pemkab Minsel yang diwakili oleh Asisten 1, Drs Rolly Karamoy, Kapolres Minsel, AKBP Surya FX Kumara.

    KEBERATAN
    Dalam rapat pleno peng-hitungan suara tersebut, sak-si pasangan AGK-FER, Ivan Rumokoy selain memasukkan surat keberatan yang dise-rahkan langsung ke KPUD, juga menegaskan bahwa pi-haknya akan segera menem-puh jalur hukum. “Kami tolak tandatangani berita acara ini, karena AGK-FER akan tem-puh jalur hukum dan mema-sukkan surat keberatan,”ujar Rumokoy.

    Dalam suratnya dijelaskan berbagai pelanggaran pemilu-kada antara lain, soal kinerja panwaslukada, money politics, serta pelanggaran lainnya. Usai menyerahkan surat ke-beratan kepada personel KPUD, Royke Suoth, pimpinan rapat pleno, langsung membacakan surat keberatan dalam forum terbuka itu.

    “Dalam formulir keberatan yang diberikan pasangan AGK-FER, dijelaskan bebe-rapa keberatan pelanggaran pemilukada antara lain, Pan-waslukada tidak melakukan tugas dan fungsinya, kemu-dian adanya money politics, sehingga merugikan AGK-FER. Hukumtua dan lurah tidak netral dan berkampanye mengajak warga memilih PANTAS dan ada pembagian beras, ada juga masalah DPT yang berubah dibeberapa TPS. Untuk itu pemilukada di-anggap cacat hukum, bukti dan saksi akan menyusul,” ujar Royke Suoth pimpinan rapat pleno, mengutip surat keberatan dari tim AGK-FER.

    Lanjut Suoth, keberatan dari pasangan AGK-FER tidak ada hubungannya dengan perole-han dan perhitungan suara dalam pemilukada putaran kedua.

    Di tempat yang sama, saksi cadangan yang juga tim pe-menangan AGK-FER, Decky Mintje mengaku tim hukum AGK-FER akan segera me-masukkan gugatan ke MK dalam waktu dekat ini.

    “Waktu pastinya belum tahu, namun dalam waktu dekat ini. Tim pengacara dari Ja-karta dan masalah gugatan dikoordinir oleh tim bagian hukum dari pasangan AGK-FER. Kami serius melakukan gugatan ke MK,”ujar Mintje. Menanggapi tuduhan soal tidak ada pengawasan dari panwaslukada, tiga personel Panwaslukada masing-ma-sing Elko Mamesah, Terry Frans dan Maxi Egeten tetap menyatakan bahwa panwas-lukada melakukan tugas dan fungsinya saat hari H pemi-lukada 14 Oktober lalu.

    “Kami melakukan tugas dan fungsinya sebagai panwas-lukada saat hari H 4 Oktober lalu,”tegas ketiganya kompak. Bahkan ketiganya ikut me-nandatangani berita acara pleno rekapitulas penghitu-ngan suara yang dilaksana-kan KPUD kemarin.

    “Sudah sah. Kami ikut me-nandatangani hasil pleno, berarti hasil perhitungan suara sudah sah,”tambah Mamesah yag diiyakan dua rekannya.(mon)

    Hasil akhir perolehan suara pemilukada putaran kedua
    Kecamatan AGK-FER PANTAS
    Modoinding 2.433 4.117
    Maesaan 2.149 3.752
    Ranoyapo 3.166 3.500
    Tompaso baru 2.382 4.707
    Motoling 1.997 2.806
    Motoling timur 2.487 2.900
    Motoling barat 1.813 2.969
    Kumelembuay 1.685 2.531
    Sinonsayang 3.969 4.596
    Tenga 4.398 6.063
    Amurang barat 4.075 5.435
    Amurang 3.989 5.940
    Amurang timur 3.332 4.456
    Tumpaan 4.431 4.624
    Tatapaan 2.098 3.021
    Tareran 4.874 3.396
    Suluun Tareran 2.140 2.492
    Total 51.418 67.305
    (43,31%) (56,69%)
    DPT : 154.789
    Jumlah suara sah : 118.723
    Jumlah pemilih: 120.171
    Rusak/tidak sah : 1.448
    Sumber: hasil pleno KPUD rekapitulasi perhitungan suara

  4. Manado Post, Rabu, 20 Oktober 2010 , 09:22:00
    Hasil Pleno Rekapitusi Penghitungan Suara – PanTas Unggul 15.887 Suara

    AMURANG — Akhirnya secara resmi pasangan Cabup Christiany Eugenia Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas) dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Selatan (Minsel) putaran dua. Sesuai hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel kemarin pasangan usungan Partai Golkar (PG) itu unggul 15.887 suara atas rivalnya Asiano Gammy Kawatu-Felly Estelita Runtuwene (AGK-FER). Dalam penghitungan suara sah PanTas capai 67.305 suara atau 56,69 persen. Sedangkan, AGK-FER hanya memperoleh 51.418 suara atau 43,31 persen. “Hasil pleno ini sah,” tegas Ketua KPUD Minsel Ir Yurnie Sendow. Kendati begitu saat pleno sempat terjadi protes karena terungkap hasil pleno PPK di Kecamatan Motoling Timur, Kecamatan Maesaan dan Kecamatan Tenga tidak ditandatangani saksi dari AGK-FER. Namun tetap dinyatakan perolehan suara sah. Hingga selesai 17 kecamatan pembacaan hasil pleno dari tingkat PPK dinyatakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Pun usai pleno kemarin, Ivan Rumokoy yang duduk sebagai saksi AGK-FER juga menungkapkan keberatan dengan tahapan Pilkada karena Panwaslu tidak melaksanakan tugas. Namun ini langsung dibantah KPUD. “Apa yang disanggahkan saksi AGK-FER bukan soal perhitungan suara,” lanjut Sendow. Ditambahkan Ketua Rekapitulasi Perolehan Suara KPUD Minsel Royke Suoth SIP MSi, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 6 tahun 2010 menjelaskan jika ada salah satu pasangan calon tidak menandatangani hasil perolehan suara, tetap dinyatakan sah. “Apalagi keberatan yang diajukan tidak tersangkut dengan perolehan suara maka pleno rekapitulasi perolehan suara dinyatakan sah,” jelasnya. Ketua PPK Maesaan Ferdinand Tombeng yang dimintai keterangan usai pleno mengatakan yang diajukan saksi AGK-FER keliru. “Seharusnya saksi periksa dulu data di setiap TPS. Sebab data yang ada pada kami PPK akurat. Jangan langsung memberikan keberatan,” ujar Tombeng. Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dimulai sejak jam 10.30 Wita tersebut, dihadiri langsung 17 Pantia Pemilu Kecamatan (PPK), dan 17 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Hadir juga para saksi dari masing–masing calon bahkan pendukung. Unsur Muspida, Kapolres Minsel AKBP FX Surya Kumara SH, wakil Kejaksaan serta Pemkab Minsel diwakili Asisten I Drs Rolly Karamoj. (vif/ras)

    Sumber: http://manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=78667

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s