Pantas Raih 67.450 Suara

Media-media di Sulut menjadi saksi dan kontrol bagi penghitungan suara pemilukada Minsel.

AMURANG [Manado Post, 18 Oktober 2010], Kepastian pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Selatan (Minsel) akan diketahui Selasa (19/10) besok. Saat itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel akan menggelar pleno rekapitulasi perolehan suara, di Restaurant Century Amurang.

“Pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK, red) sudah selesai. Kami (KPUD, red), tinggal melakukan rekapitulasi,” kata Ketua KPUD Minsel Ir Yurnie Sendow.

Data sementara menyebutkan, pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas) masih unggul. Jagoan Golkar dan beberapa partai ini tak terkejar oleh duet Asiano Gamy Kawatu-Felly Estelita Runtuwene (AGK-FER). PanTas unggul dengan 67.450 pemilih sedangkan AGK-FER hanya meraih 52.033 pemilih.

Adapun secara secara keseluruhan masyarakat yang menggunakan haknya adalah 119.483 pemilih dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Minsel 154.789 pemilih. Angka pemilih dipastikan menurun bandingkan putaran pertama 3 Agustus lalu yang tercatat 125.263 pemilih.

Menurut Sendow, masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih lebih mengutamakan kepentingan pribadi karena sibuk bekerja. Tapi juga ada masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi pada putaran ke dua sudah meninggal.

“Ada juga masyarakat sudah tidak tinggal di daerah dan memilih untuk ke luar Sulut,” urainya. Dia menyatakan kalau proses pelaksanaan putaran dua sudah berjalan dengan baik. Bahkan soal isu mobilisasi pemilih pun tidak terbukti.

“Kalau ada mobilisasi pemilih itu berarti terjadi kelebihan pemilih,” tuturnya sambil menambahkan soal angka pasti apakah masyarakat Golput bertambah atau tidak dan lainnya akan dilihat dari hasil akhir rapat pleno nanti.

Sementara pihak AGK-FER belum memastikan apakah akan melakukan gugatan atau tidak. “Kita masih akan tunggu putusan pleno KPU nanti,” ujar Gammy Kawatu.

Sementara itu PanTas mengaku sudah siap menerima keputusan akhir tersebut. “Kami sudah siap, apalagi bukti dan fakta di lapangan sudah menunjukan PanTas menang,” ujar Ketua Tim Kampanye PanTas Robby Sangkoy.

Sangkoy juga menyorot soal maraknya klaim menang atau pun tudingan-tundingan miring pada PanTas. “Mari kita kedepankan sportivitas pasca Pilkada putaran kedua,” tambah Sangkoy.

Menurutnya melihat fakta perhitungan suara sudah tak mungkin PanTas terkejar pasangan AGK-FER. Menurut Sangkoy, proses demokrasi yang terjadi di sudah berjalan dengan baik. Dan hasil akhir kemenangan yang diraih, merupakan keputusan masyarakat selaku pemilih.

“Soal adanya riak-riak politik itu merupakan hal yang biasa,” tutur Sangkoy.

Ketua Tim Pemenangan AGK-FER Johanis Mongkaren mengklaim juga bahwa pelanggaran dari tim PanTas sangat besar. “Hal ini juga karena Panwaslu tidak melakukan pengawasan,” tandasnya.(vif/ras)

Sumber: Manado Post 18 Oktober 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s