PANTAS No.5 Ajak Pendukung Selamatkan Kemenangan

Tetty Paruntu & Sonny Tandayu tampak dielu-elukan massa dalam kampanye akbar 28 Juli 2010.

Mendekati hari pencoblosan, Tetty Paruntu kembali menghimbau kepada para simpatisan, pendukung, dan tim sukses PANTAS khususnya, dan seluruh warga Minsel calon pemilih pada umumnya, untuk ikut menjaga pemilukada pada Selasa 3 Agustus nanti. “Kami sudah membentuk tim anti kecurangan pemilukada Minsel yang akan bekerja dengan sangat teliti, waspada, dan hati-hati,” kata Tetty Paruntu, kandidat terkuat versi berbagai lembaga survei.

“Walau demikian, kita tetap harus waspada dengan segala kemungkinan. Jangan sampai suara rakyat yang jujur dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tambah calon bupati dari Partai Golkar ini usai kampanye akbar di lapangan Pondang, Amurang (28 Juli 2010).

Karena itu, Tetty juga berpesan kepada seluruh warga Minsel yang akan memilih nanti supaya setelah mencoblos tidak langsung pulang melainkan ikut mengawasi proses penghitungan suara hingga tuntas. Setiap warga Minsel, dengan kesadaran penuh, diimbau untuk “menyelamatkan” suaranya agar tidak sia-sia. Khusus untuk pendukung PANTAS No.5, seruan untuk mengawasi proses pencoblosan hingga penghitungan suara sangat ditekankan.

“Sampai sejauh ini PANTAS selalu mendapatkan suara teratas dalam setiap survei. Dan, ini pertanda kemenangan hampir di tangan. Jadi, kita harus bekerja keras selamatkan kemenangan tersebut,” tegas Tetty yang di pemilukada berpasangan dengan birokrat andal Sonny F. Tandayu.

Adalah Profesor DR. Ir. Lucky W. Sondakh MEc, yang menyampaikan kekhawatiran akan adanya kemungkinan pihak-pihak tertentu tengah menyiapkan strategi curang dalam pemilukada di Minsel. Dalam tengara Profesor Lucky, kontestan pemilukada banyak yang percaya dengan peran H-2 (gerilya strategi dua hari sebelum pencoblosan).

“Sepertinya, teori-teori ‘ilmu ruci’, yang sangat tidak terpuji, untuk ‘memanipulasi dan mengorupsi’ suara rakyat melalui ‘ruci-ruci’ di TPS dan berita acara. Melalui konspirasi antara para saksi, petugas, dan pengawas TPS sampai pada proses penghitungan,” ungkap Profesor Lucky di menu komentar BeritaManado.com (10 Mei 2010).

“Di sana bisa terjadi ‘pasar lelang’ untuk menjual-belikan ‘nurani’ para pemilih… Torang samua di Minsel tidak boleh menafikan bahwa para tim sukses kontestan sedang merancang strategi H-2. Strategi yang tidak terpuji dan mengobrak-abrik bukan saja sistem dan nilai demokrasi. Tetapi, mereka mengorupsi dan memanipulasi ‘nurani’ masyarakat. Dan, inikah yang harus kita wariskan ke generasi mendatang? Mendapatkan ‘penguasa-penguasa’ yang dihasilkan dari pola berpolitik praktis yang menganut ‘ilmu ruci?” ungkap mantan Rektor Unsrat (2004-2008) ini dengan nada prihatin.

“Kami menyadari sinyalemen kecurangan seperti disampaikan Profesor Lucky Sondakh itu sangat mungkin terjadi. Kami ikut prihatin tentunya. Jadi, kita harus siap mengantisipasi dan cegah bersama-sama. Kita harus selalu waspada, tetap awasi, catat semua hal dengan teliti, karena itu bagian dari kontrol masyarakat atas penyelenggara pemilukada,” tukas Tetty Paruntu sembari mengucapkan selamat menggunakan hak pilih.[]

12 responses to “PANTAS No.5 Ajak Pendukung Selamatkan Kemenangan

  1. Diterpa hujan, massa capai puluhan ribu
    Massa: PANTAS Tinggal Dilantik!

    29 Juli 2010. SPEKTAKULER dan luar biasa. Dua kata yang paling pan-tas diungkapkan saat kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dari Partai Golkar, Christiany Euginia Tetty Parun-tu-Sonny Tandayu (PANTAS)
    dalam kampanye di Minsel, Rabu (28/07) kemarin.
    Meski hujan deras menggu-yur Minsel, tak kurang dari 40 ribu massa memadati lapa-ngan Pondang, Amurang.
    Diawali dengan road show dari Modoinding menuju Amu-rang, tercatat ada sekitar 1.000 kendaraan mengawal rombongan PANTAS.
    Bahkan hampir di setiap desa yang dilewati, rombongan PANTAS disambut hangat dan penuh suka cita oleh warga masyarakat yang sangat mengidam-idamkan pemimpin seperti ibu Tetty dan Sonny Tandayu.
    Tampak raut wajah dari masyarakat, mengharapkan adanya perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan tentu saja pemba-ngunan yang berkelanjutan dengan cepat dan tepat.
    Lambaian dan senyuman khas dari Ibu Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu terus ter-pancar bahkan, beberapa kali, Ibu Tetty mampir untuk me-nyalami dan berdialog lang-sung rakyat Minsel.
    Meski cuaca hujan deras yang mengguyur Minsel sejak pagi-siang-sore, tak menyurut warga Minsel untuk melihat dari dekat sosok pemimpin yang akan membawa daerah ini menjadi daerah yang diberkati.
    Sekitar pukul 14.00 WITA rombongan PANTAS dari Mo-doinding tiba di lapangan Pon-dang Amurang. Di lokasi kam-panye, puluhan ribu warga dan simpatisan sudah ber-kumpul untuk mendengar orasi politik dari PANTAS.
    “Kami berdua akan memba-ngun Minsel lebih cepat dan lebih tepat. Pendidikan gratis, kesehatan murah, tunjangan hukumtua dan perangkat mi-nimal sama dengan UMP serta kami akan memberdayakan ekonomi kerakyatan. Mari sama-sama bangun Minsel untuk menjadi daerah yang diberkati,” teriak Tetty Paruntu yang juga pengusaha sukses.
    “Biar hujan batu kami tetap tidak bergeming. Apalagi, Cuma hujan bagini. So ini itu bupati deng wakil bupati Minsel,” teriak massa.
    “Ini calon paling pantas me-mimpin Minsel. So kurang mo lantik, mo tunggu apalagi. Li-hat saja massa yang terkum-pul saat ini. Meski hujan, tak kurang dari 20 ribu massa sepakat untuk memenangkan PANTAS dalam Pemilukada 3 Agustus mendatang. Jangan lupa coblos nomor urut 5,” ungkap Ketua tim pemenang-an PANTAS, Robby Sangkoy.
    Usai melakukan orasi-orasi politik, rombongan PANTAS menuju Tareran untuk melak-sanakan ibadah syukur. Sua-sana kota Amurang langsung macet total di saat rombongan kendaraan menuju Tareran. Pasalnya, catatan dari tim sukses ada sekitar 2 ribuan kendaraan yang ikut.
    Bahkan tim pemenangan PANTAS mengimbau rom-bongan dari Modoinding, Tompaso, Motoling untuk tidak ikut ke Tareran.
    “Kalau rombongan dari Minsela ikut rombongan, kenda-raan terdepan sudah di Tareran, sedangkan yang lain masih akan tertahan di Amurang. Selain itu, bagi warga yang kena sakit karena kehujanan, silakan lapor ke pengurus kecamatan, kami akan menang-gung biaya pengobatan,” tutup Sangkoy.(mon)

  2. Kamis, 29 Juli 2010 , 09:46:00
    Tetty Mohon Maaf Pada Masyarakat
    Kampanye PanTas Spektakuler PanTas

    AMURANG – “Mohon maaf atas terganggunya aktivitas masyarakat Minahasa Selatan hari ini (Rabu kemarin, red).” Demikian dengan rendah hati calon bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (CEP) meminta maaf pasca kampanye Rabu kemarin.
    Bagaimana tidak sekitar 40 ribu massa pendukung PanTas—berpasangan dengan Cawabup Drs Sonny Frans Tandayu (SFT), tumplek di Kelurahan Pondang. Bahkan stadion Pondang tempat pelaksanaan kampanye tak mampu menampung massa yang meluber. Akibatnya banyak yang hanya mengikuti dari luar. “Saya juga berterima kasih atas dukungan pendukung PanTas. Tapi saya ingatkan kita jangan terlalu percaya diri dengan jumlah ribuan massa yang hadir ini, tapi tetap komitmen mendukung PanTas hingga pencoblosan di TPS nanti. Mari sama-sama kita berpegang tangan mengamankan suara PanTas untuk satu putaran,” pinta Tetty Paruntu yang ikut diamini Sonny Tandayu.
    Performance PanTas yang spektakuler itu otomatis berdampak pada aktivitas masyarakat yang ikut terganggu. Adalah kemacetan arus lalulitas tak bisa terhindarkan. Sedangkan semangat ribuan masyarakat makin menyala-nyala untuk mencoblos PanTas pada 3 Agustus nanti. Pasalnya Tetty Paruntu yang tampil diplomatis saat berorasi mampu meyakinkan warga bahwa Minsel di tangan PanTas akan lebih sejahtera dan maju. Massa pun tak menggubris hujan yang mengguyur. “Tak salah lagi pantas jaminan Minsel lebih baik,” ucap Resty Somba, mahasiswa Unsrat Manado, yang mengaku asal Desa Kapitu.
    Tak kalah garang saat Sonny Tandayu berpidato politik, yang membeberkan program maupun visi-misi PanTas, massa tambah yakin inilah pemimpin masa depan Minsel. “Bagi yang belum mendukung PanTas sebaiknya berfikir jernih, agar suara anda tidak mubasir,” pintah Tino Limpong, warga Matani.
    Ketua TS Pantas Robby Sangkoy tak lupa berterima kasih pada pihak keamanan. “Terima kasih pada kepolisian hingga kampanye ini berjalan aman dan lancer,” ucap Sangkoy.(adv/ras)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=71324

  3. Jum’at, 30 Juli 2010 , 10:14:00
    Tersisa dari Kampanye Heboh PanTas
    Rekor, Dihadiri 40 ribu Massa Pendukung

    AMURANG – Tanda tanda kemenangan Calon Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Calon Wakil Bupati Drs Sonny Frans Tandayu (SFT) mulai terlihat. Setidaknya itu terlihat saat kampanye terakhir pasangan yang akrab dengan sebutan PanTas pada Rabu (28/7) lalu di Lapangan Pondang.
    Sungguh luar biasa karena momen tersebut boleh dikata mengukir sejarah massa terbanyak dalam pelaksanaan kampanye di Minsel. Yaitu dihadiri sekira 40 ribu an massa pendukung yang tumplek di Stadion Pondang.
    Seperti biasanya CEP atau akrab disapa Tetty Paruntu tampil dalam performance terbaiknya saat melakukan orasi politik. Wanita cantik ini menyampaikan program program ke depan kalau diijinkan Tuhan untuk menjadi bupati dan wakil Bupati Minahasa Selatan. Menurut Tetty, Minsel perlu banyak investor untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan. juga, siap memberikan ADD untuk desa tepat waktu. Pun meningkatkan kesejahteraan aparat desa. Untuk CPNS, pasangan PanTas akan mengakomodir putra putri terbaik Minsel. “Rakyat Minsel sejahtera dan pembangunan terus maju,” tandas Tetty yang langsung disambut teriakan histeris pendukungnya.
    Tak kalah juga Sonny Frans Tandayu dalam orasinya merasa bangga bisa menjadi calon wakil bupati mendampingi Tetty Paruntu. Birokrat handal ini berjanji dengan seluruh kemampuannya akan membawa Minsel lebih maju. “Untuk membangun Minsel, ibu Tetty punya dasar yang kuat, selain seorang pengusaha yang sukses di Ibu kota, juga sangat dekat dengan petinggi-petinggi yang ada di pusat,” terang SFT yang sempat mencontohkan kedatangan konglomerat sekaligus Ketua Umum PG Aburizal Bakrie beberapa waktu lalu.
    Walau sempat diguyur hujan yang cukup deras, massa pendukung PanTas tetap bersemangat. Sebelum berkampanye PanTas melakukan road show. Ribuan pendukung dari Modoinding, Tompaso Baru dan Motoling langsung menuju lapangan Pondang amurang.(adv/ras)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=71436

  4. PANTAS Tampil Meyakinkan
    Hari Ini Minsel Jadi “Lautan Kuning”
    Wednesday, 28 July 2010

    POSKO, AMURANG – Prediksi calon bupati dan wakil bupati Christiany Eugenia “Tetty” Paruntu – Sonny F Tandayu (Pantas) akan menang dalam satu putaran sudah didepan mata. Buktinya dari berbagai kesempatan termasuk debat Kandidat Calon Bupati dan wakil Bupati Selasa (27/6) kemarin di restoran century, kedua kandidat itu tampil meyakinkan.

    Bahkan sejumlah pendukung menilai, Pantas sangat layak memimpin Minsel periode 2010 – 2015, apalagi keduanya memiliki kemampuan dan dipastikan akan membawah perubahan untuk kesjahteraan rakyat Minsel. Apalagi pasangan ini, tetap komitmen memprioritaskan visi misi mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Penampilan Pantas dalam Debat kandidat, sangat meyakinkan, dan ini merupakan figur yang layak memimpin demi kesejahteraan orang Minsel,” ujar Moddy Tiwa, Jan Mongkareng dan Victor Sondakh tim pemenangan Pantas. Bukan itu saja dari enam calon Bupati hanya Tetty satu-satunya mewakili kaum hawa atau gender perempuan. “Dari penampilannya, cantik, rendah hati dan merakyat, membuktikan perempuan ternyata tidak kalah dengan kemampuan Lima kandadat pria lainnya,” ujar Vitje Onibala, sambil meambahkan harusnya perempuan Minsel bangga dan memberi dukungan kepada calon Bupati mewakili perempuan.
    Sementara itu John Sorongan tim kampanya Pantas, mengatakan Rabu (28/7) besok (Hari ini red, merupakan jadwal kampanye terbukan Pantas. “Besok (Hari ini) Minsel akan menjadi “lautan kuning”, pendukung pantas dari berbagai pelosok di Minsel akan keluar untuk ikut kampanye,” ujar sorongan.(705/*)

  5. Senin, 09 Agustus 2010 , 12:40:00
    Gammy Duel Tetty, Arudji vs Herson
    Minsel, Bolsel Dipastikan Dua Putaran

    MANADO- Dari tujuh Pilkada serentak di Sulut 3 Agustus lalu, hanya Minsel dan Bolsel dipastikan belum selesai. Sebab, perhitungan suara sementara menunjukkan tidak satupun pasangan calon yang menembus 30%. Konsekuensinya, sesuai aturan, pasangan peraih suara terbanyak pertama dan kedua harus bertarung di partai final pada bulan September mendatang.
    Di Minsel, pasangan yang bertarung di putaran dua adalah Gammy Aseano Kawatu-Felly Runtuwene (AGK-FER) dan Christiany Tetty Paruntu-Sonny Tandayu (Pantas). Data sementara AGK-FER tercatat meraih 33.338 suara, atau 26,81% dari 124.352 suara sah, sedangkan Pantas merengkuh 32.579 suara (26,20%).
    KPUD Minsel sendiri memang belum memplenokan hasil rekapitulasi PPK, yang direncanakan akan digelar di restoran Century pagi ini. Hanya saja tanda-tanda adanya putaran kedua itu ditunjukkan dengan ancar-ancar tambahan anggaran Rp4-5 M yang akan diajukan KPUD Minsel. “Permintaan tambahan anggaran itu sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Perhitungannya sudah maksimal,” ujar Ketua Pokja Divisi Logistik dan Keuangan KPUD Minsel, Royke Suoth SIP MSi, akhir pekan lalu.
    Hanya saja, dia tidak mau menyatakan apakah tambahan anggaran itu merupakan kebutuhan putaran kedua atau bukan. “Hasil akhirnya ditentukan dalam rapat pleno KPU Minsel Senin nanti (hari ini, red),” kelitnya.
    Di Bolsel, putaran kedua akan diikuti pasangan Arudji Mongilong-Djalaluddin Botutihe (Arjuna), yang meraih 9911 suara, alias 29,70% dari 33.367 suara sah, dan Herson Mayulu-Samir Badu (Madu) yang mengumpulkan 9802 suara, atau 29,37%.
    Tiga pasangan lainnya, Ahmad Yani Suratinoyo-Riston Mokoagouw, Sujahri Van Gobel-Yusuf Ruchban, dan Ridwan Tohopi-Rusli Mokodongan masing-masing hanya mengantongi 6706 suara (20,10%), 1564 suara (4,63%), dan 4840 suara (14,50%).
    “Besok pleno KPU akan dilaksanakan di kantor KPU Bolsel. Dari hasil penghitungan di tingkat PPK belum satupun calon yang mencapai 30 persen,” ucap Korwil KPU I Wayan Tapayusa, melalui Kepala Seksi Teknis Pilkada dan Humas Arfan Palima, kemarin.
    Untuk menggelar putaran kedua ini diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp2 M. Hanya saja, ada kabar bahwa tidak ada biaya pilkada putaran kedua dalam KUA-PPAS APBD-P 2010. “Kalau memang terjadi putaran kedua otomatis KUA dan PPAS yang telah diajukan akan berubah nomenklaturnya,” tutur Sekkab Drs Gunawan Lombu SPd.
    Sementara, di Tomohon, pasangan Jefferson Rumajar-Jimmy Eman tinggal menunggu pelantikan. Pleno rekapitulasi perhitungan suara pada Sabtu (8/8) lalu menempatkan pasangan usungan Partai Golkar itu sebagai jawara, dengan meraih 21.201 suara, atau 37,8% dari total suara sah. “KPUD segera melakukan pleno penetapan calon terpilih 10 Agustus mendatang,” ujar Ketua KPUD Tomohon Joudy Sangari.
    Lain halnya Minut. Sampai kemarin malam belum ada kepastian siapa yang akan jadi pemenang, atau apakah akan ada putaran kedua. Ini terjadi karena PPK Wori belum selesai melakukan rekapitulasi perhitungan suara. Rekapitulasi yang lokasinya dipindahkan dari kantor Kecamatan Wori ke Sekretariat KPUD Minut itu direncanakan tuntas hari ini.
    Pindahnya lokasi itu membuat ribuan warga yang diduga massa salah seorang pasangan calon berunjuk rasa. Mereka khawatir pemindahan lokasi itu bisa menimbulkan kecurangan yang dapat membuat jagoan mereka kalah. Aksi demo itu membuat ruas jalan Airmadidi macet dari sore sampai sekitar pukul 20.00 Wita.
    Sejauh ini, pasangan Sompie Singal-Yulisa Baramuli berpeluang menang dengan satu putaran berdasarkan perhitungan cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Hanya saja, jika terjadi putaran kedua, pasangan Sompie Singal-Yulisa Baramuli akan ditantang Fransisca Tuwaidan-Willy Kumentas.
    Belum tuntasnya rekapitulasi suara juga terjadi di Manado. Sampai berita ini diturunkan, PPK Tikala belum juga selesai melakukan penghitungan suara. Penghitunan berjalan lambat karena penuh aksi protes saksi pasangan calon, plus penghitungan ulang suara suara coblos ganda. Hanya saja, hasil Tikala ini diperkirakan tidak akan mempengaruhi kemenangan pasangan Vicky Lumentut-Harley Mangindaan yang berdasarkan hasil sementara memperoleh 37.741 suara atau 34,89% dari 108.169 suara sah.
    Penghitungan ulang surat suara juga menjadi penghambat penetapan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan di Boltim. Kecamatan-kecamatan yang akan melakukan penghitungan ulang adalah Kecamatan Nuangan, Tutuyan dan Kotabunan yang melingkupi 21 desa.
    Hasil sementara menunjukkan kemenangan diraih pasangan Sehan Salim Landjar-Medi Lensun yang mendapat 12.931 suara, alias 34% dari total 37.967 suara sah.(tim mp)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=72323

  6. Selasa, 10 Agustus 2010 , 13:06:00
    Pleno KPU Minsel, Tak Ada Pasangan Raih 30%
    AGK-FER, PanTas Dua Putaran

    AMURANG — Seperti yang diprediksikan sebelumnya, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Selatan (Minsel) dipastikan berlangsung dua putaran. Ini mengacu dari hasil pleno rekapitulasi perolehan pasangan calon oleh KPU Minsel Senin kemarin.
    Sesuai penetapan resmi dua pasangan teratas Asiano Gamy Kawatu SE MSi-Felly Estelita Runtuwene SE, (AGK-FER) dan Christiany Eugenia Paruntu-Drs Sonny Tandayu (PanTas) akan bertarung di putaran kedua. “Dari hasil yang ada, dua putaran sudah pasti,” ujar Ketua KPU Minsel Yurnie Sendow SIP MSi, usai pleno, kemarin.
    Tambah Sendow, dari enam pasangan calon yang bertarung tak satupun pasangan yang mencapai 30 persen. Dan yang akan bertarung nanti adalah dua pasangan yang memperoleh suara terbanyak.
    Dari hasil pleno kemarin pasangan AGK-FER meraih suara 33.229 suara, dan pasangan PanTas 31.982 suara. Diikuti duet Farry Liwe dan Franky Wongkar dengan 22.378 suara.
    Sementara itu, ketua Tim Media Center Pasangan AGK-FER Ir Frangky Lelengboto bersama Ketua Iven Organizer Decky Mintje menegaskan, untuk dua putaran, konsentrasi pemenangan harus jelas. Makanya akan dilakukan evaluasi pada tim sukses yang ada.(vif/ras)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=72365

  7. Pilkada Minsel Dua Putaran: Paruntu ‘Lawan’ Kawatu
    Tuesday, 10 August 2010

    POSKO, AMURANG – Pleno hasil rekapitulasi suara pada pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Minsel Senin (9/8) kemarin akhirnya memutuskan Pemilukada Minsel berlangsung dalam dua putaran.
    Pasalnya dari 6 pasangan calon bupati dan wakil bupati Minsel, belum ada yang mencapai 30 persen suara dari suara sah yang diplenokan kemarin.
    Dan untuk putaran kedua, diakomodir dua pasangan yang meraup suara tertinggi, masing-masing pasangan Aseano Gammy Kawatu – Felly E Runtuwene (AGK-FER) dengan perolehan 33.229 suara atau 26,97 persen bersama Christiany Eugenia Tetty Paruntu – Sonny F Tandayu (Pantas) dengan perolehan 31.982 suara atau 25,96 persen.
    Pleno hasil rekapitulasi suara Pemilukada Minsel oleh KPUD Minsel, dihadiri oleh masing-masing saksi calon dan partai pengusung. Sementara dari enam pasangan calon yang bersaing dalam Pemilukada, hanya dihadiri oleh Sonny F Tandayu, Calon Wakil Bupati dari Partai Golkar dan Calon Bupati AGK – FER.
    Ketua KPUD Minsel, Yurnie Sendow kepada wartawan mengatakan, hasil pleno rekapitulasi suara, memang menunjukan Pemilukada Minsel akan berlangsung dalam dua putaran. Namun untuk agenda pelaksanaan Pemilukada Minsel dua putaran akan diplenokan lagi oleh KPU Minsel.(705)

    Hasil Pleno Rekapitulasi Suara Pemilukada Minsel

    No. Pasangan Calon Jumlah Persentase
    1 F.Liwe-F Wongkar 22,376 18,6 persen
    2 H.A Umboh-S Ramby 4.143 3,36 persen
    3 JRM Sumual-J Wauran 14.216 11,54 persen
    4 AG Kawatu-F Runtuwene 33.229 26,97 persen
    5 CE Paruntu-SF Tandayu 31.982 25,96 persen
    6 Lombok-Simbar 17.272 14,02 persen

    Suara sah 123.218
    Tidak sah 2045
    Total : 125.263

  8. Mesra di Perayaan Pengucapan Syukur: JOS Merapat ke Pantas
    Tuesday, 10 August 2010

    POSKO, AMURANG – Salah satu kandidat calon Bupati Minsel John Ramly Sumual, SH, SE (JOS) yang tidak lagi maju pada putaran kedua, memberikan suport serta dukungan kepada calon Bupati Christiany Eugenia Tetty Paruntu.
    JOS dan Tetty terlihat mesra dalam acara pengucapan Syukur yang berlangsung di Kecamatan Suluun Tareran. Kedua kandidat ini saling memberikan dukungan satu sama lain.
    Seperti pada prediksi sebelumnya, kemungkinan besar pendukung JOS akan beralih memenangkan pasangan Tetty Paruntu – Sonny F Tandayu (Pantas) pada putaran yang kedua ini.
    Sementara itu sejumlah pendukung JOS termasuk kader dan simpatisan Partai Demokrat yang ditemui Senin kemarin, mengatakan, sampai saat ini mereka belum mendapat arahan mengenai dukungan pada putaran kedua Pemilukada Minsel. “Sebagai kader PD Minsel, kami menunggu keputusan ketua DPC PD Minsel dalam hal ini JOS untuk dukungan selanjutnya,” ujar Tetty Onibala, Kader PD Minsel.(705/*)

  9. PANTAS kuasai lima kecamatan di Minsela
    Tareran Bersatu Menangkan AGK-FER

    Amurang, KOMENTAR, 10 Agustus 2010
    Pasangan Asiano Gamy Ka-watu-Felly Runtuwene (AGK-FER) menang di empat keca-matan masing-masing Tareran, Tumpaan, Motoling Barat, dan Amurang Timur. Paling me-nonjol, Kecamatan Tareran, Pasangan AGK-FER tidak ter-goyahkan dan meninggalkan perolehan suara pasangan lain. Dari hasil pleno KPUD re-kapitulasi perolehan suara ke-marin, Di Kecamatan Tareran, AGK-FER kokoh dengan 3.846 suara meninggalkan jauh pe-saingnya.
    Di tempat terpisah, ketua tim pemenangan PANTAS, Robby Sangkoy mengakui kekalahan telak di Tareran. “Gamy adalah orang asli Tareran, jadi sangat wajar dan pantas AGK menang telak di sana,”aku Sangkoy.
    Sedangkan di kecamatan lain-nya AGK-FER hanya mampu menang tipis seperti di Moto-ling barat yang hanya berbeda 300-an suara dengan LINGKAR.
    Sedangkan pasangan Tetty Paruntu-Sonny Tandayu (PAN-TAS) menang di Lima keca-matan di wilayah Minsela (Mi-nahasa Selatan Atas) masing-masing Modoinding, Maesaan, Ranoyapo, Tompaso Baru, dan Motoling.
    Sedangkan tiga kecamatan lainnya dimenangkan oleh Lombok-Kartini di dua keca-matan (Kumelembuay dan Motoling Timur) serta Keca-matan Motoling Barat milik AGK-FER.
    “Untuk Minsela, PANTAS yang menang. Dari 8 kecama-tan, kami menang di lima kecamatan namun menang tipis. untuk keseluruhan ada 8 kecamatan PANTAS menang,” tambah Sangkoy seraya menambahkan, PANTAS juga sukses di Tatapaan, Amurang dan Amurang Barat.(mon)

    http://www.hariankomentar.com/minsel01.html

  10. 29.526 Tak Memilih
    Selasa, 10 Agustus 2010 , 13:04:00

    AMURANG — Tingkat keikutsertaan masyarakat di Minsel untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada kali ini terbilang rendah. Setidaknya ada 29.526 pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya. Angka ini menempatkan tak memilih pada urutan ke tiga setelah pasangan AGK-FER dan Pantas.
    Warga yang menggunakan hak pilih dari 17 kecamatan ada 125.263 pemilih, sementara daftar pemilih tetap (DPT) tercatat 154.789 pemilih. Jumlah suara sah 123.218 suara dan suara tidak sah 2.045 suara atau selisih 29.526 pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya.
    Menurut Ketua Sosialisasi Pilkada, Elsye Sumual SPd ini karena banyak masyarakat yang lebih memilih, menjalankan kepentingan mereka ketimbang menggunakan hak pilih. “Ada warga yang lebih pilih kerja seperti pemetikan cengkih dan lainnya, dan hal ini sangat berpengaruhi,” tutur Sumual.
    Disamping ada masyarakat yang sudah terdaftar namun sudah keluar daerah atau meninggal dunia. “Karena sudah terdaftar, maka mereka ini dinyatakan tak memilih,” tuturnya lagi.
    Namun sejumlah warga mengaku sengaja tidak menggunakan hak pilihnya karena tidak ada tim sukses yang datang melakukan kunjungan. “Maklum namanya jaman sekarang kalau orang lain dapat pembagian apakah uang atau sembako atau lainnya. Tapi kami tidak. Maka lebih baik tidak memilih,” tutur salah satu pemilih yang tak mau namanya dikorankan.
    Ketua KPU Minsel Yurnie Sendow, menilai warga belum sadar sepenuhnya arti suaranya untuk masa depan daerah. “Bisa saja satu suara miliknya sebagai penentu untuk satu pasangan calon. Makanya kami sarankan, warga jangan terpengaruh dengan janji lainnya kemudian tak menggunakan hak pilihnya. Mari datang ke TPS untuk memilih,” ajak Sendow sambil menambahkan untuk sosialisasi seperti ini akan dimatangkan KPU Minsel pada Pilkada putaran dua nanti.(vif/ras)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=72362

  11. Selasa, 10 Agustus 2010 , 13:04:00
    Unggul Tipis 1247

    AMURANG — Kemenangan pasangan Asiano Gammy Kawatu SE dan Felly Estelita Runtuwene SE dari pasangan Christiany Eugenia Paruntu dan Drs Sonny Tandayu, terbilang menang tipis. Hasil pleno KPU Minsel menetapkan pasangan AGK-FER hanya unggul 1247 suara dari pasangan PanTas.
    AGK-FER dengan perolehan suara 33.229 suara atau 26.97% dan Pantas meraih 31.982 suara atau 25.96%.
    Kondisi ini menurut Ketua Rekapitulasi Perolehan Suara Royke Suoth SIP MSI menegaskan, dua pasangan calon ini nantinya resmi ditetapkan sebagai pasangan calon yang akan ikut putaran kedua pada besok hari (Hari ini red) dalam rapat pleno KPU Minsel.(vif/ras)

    http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=72363

  12. PILBUP MINSEL: Dipastikan berlangsung dua putaran
    Kamis, 05 Agustus 2010 13:12

    Amurang—Hajatan akbar pesta demokrasi Pilkada Minsel, semakin pasti akan berlangsung dua putaran. Hal itu mengacu dari data sementara hasil per-hitungan suara yang di-rangkum harian ini hingga Rabu (4/8) kemarin pukul 16.00 Wita. Dimana, capaian tertinggi yang diraih pasangan calon yang meraih jumlah suara terbanyak, masih berada pada prosentase sekitar 26 persen.
    Sedangkan dalam aturan, pasangan calon minimal harus memperoleh minimal 30 persen suara dari jumlah pemilih untuk memenang-kan Pilkada.
    Jika sebelumnya diberita-kan pasangan Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandaju (PANTAS) unggul, maka sore kemarin telah berbalik pada pasangan Asiano Gamy Kawatu dan Felly E Runtuwene (AGK-FER). Pasangan ini mendapat dukungan sementara sekitar 26,20 persen suara, sedangkan PANTAS memperoleh sekitar 26,19 persen.
    “Kalau dari data sementara, AGK-FER masih unggul tipis dari PANTAS. Namun, besar kemungkinan akan ada Pilkada dua putaran. Sebab capaian suara dari kedua pasangan hanya berkisar di 26 persen. Karena pasangan calon yang lain, mendulang juga suara yang cukup banyak,” ujar sumber resmi pada harian ini, namun enggan namanya dikorankan.
    Sementara itu, pasangan Fary Liwe dan Frangky Wingkar (LINGKAR) berada di posisi ketiga dengan 17,97%, diikuti pasangan Prof JLL Lombok dan Kartini Simbar (SEJATI) untuk sementara berada di posisi empat dengan 13,87% suara, disusul pasangan Johny Sumual dan Jantje Wauran (JOS-JAWARA) di posisi lima dengan 11,65%, kemudian pasangan Andry Umboh dan Syultje Rambi (HARUM BERSERI) di posisi keenam dengan 3,51%.
    Di tempat terpisah, pernyataan Ketua DPC PDIP Minsel Rommy Pondaag SH MH juga mengindikasikan kalau pasangan AGK-FER dan PANTAS berada saling mengejar suara di posisi satu dan dua. “Dari perhitungan suara sementara yang kita peroleh, pasangan yang kita usung yakni Fary Liwe dan Frangky Wingkar (LINGKAR), berada di posisi ketiga. Untuk posisi pertama dan kedua diraih AGK-FER dan PANTAS. Cuma selisihnya sedikit sekali. Hanya nol koma sekian saja,” kata Pondaag.
    Meski hanya selisih sekitar 1 persen, namun konstelasi politik di Minsel nampak terus memanas. Sebab kedua kubu, masing-masing AGK-FER dan PANTAS, sama-sama mengklaim menang dalam Pilkada Minsel. “Dari data sementara, PANTAS tetap unggul. Walaupun hanya unggul tipis,” ujar Tetty—sapaan akrab Paruntu—, yang diiyakan Ketua Tim Pemenangan Robby Sangkoy MPd, seraya mengakui kalau Pilkada Minsel akan berlangsung dua putaran. “Ya. Berdasarkan hasil sementara, Pilkada Minsel berpeluang besar dua putaran,” sambung Sangkoy.
    Klaim senada diungkapkan pasangan AGK-FER, melalui media center Frangky Lelemboto dan Decky Mintje. “Hingga kini, AGK-FER masih leading dari hasil perhitungan suara Pilkada Minsel,” ujar keduanya.
    Di tempat terpisah, Ketua KPU Minsel Yurnie Sendow SIP MSi, ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya belum dapat memastikan capaian suara yang digapai seluruh pasangan calon. Sebab proses perhitungan suara masih berlangsung. “Masih sementara perhitungan suara. Yang pasti, usai diplenokan di seluruh PPK, hasil perhitungan suara akan kita plenokan bersama di tingkat KPU Minsel,” tandas Sendow sembari memastikan kalau pleno penetapan perhitungan suara Pilkada Minsel bakal digelar Senin (9/8) pekan depan.(eler/dw)

    http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:o_M3oZiche4J:www.swarakita-manado.com/v4/index.php/berita/berita-utama/15719-pilbup-minsel.html+daftar+anggota+KPUD+Minsel&cd=6&hl=en&ct=clnk&gl=id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s