PANTAS Akan Kembangkan Layanan Rumah Sakit dan Puskesmas

Tetty Paruntu langsung mendoakan warga yang menderita sakit supaya beroleh kesembuhan dari Tuhan.

Suatu kali terjadi perdebatan seru di account Facebook Christiany Eugenia Tetty Paruntu (PANTAS No.5) mengenai program-program peningkatan kesehatan masyarakat. Seorang facebooker bernama Aira Fairuz membuka diskusi dengan mengedepankan “paradigma sehat”, bukan lagi “paradigma sakit” alias fokus pada upaya menyembuhkan masyarakat yang sakit. Alasannya cukup kuat, paradigma mengobati orang sakit akan sangat membebani anggaran pemerintahan daerah, sementara paradigma sehat justru—secara teoritis—diyakini akan semakin meringankan beban anggaran.

“Jangan terlalu terfokus pada bagaimana mengobati orang sakit, tapi bagaimana agar orang tidak menjadi sakit,” demikian pandangan Aira Fairuz. “Bicara tentang kesehatan gratis, berarti kita kembali lagi pada pola ‘paradigma sakit’, yang hari ini sudah mulai ditinggalkan banyak negara maju,” lanjutnya.

Tetty Paruntu menyatakan rasa terima kasihnya serasa menyatakan akan memperhatikan masukan yang bagus tersebut. Namun, menimbang kondisi Minahasa Selatan saat sekarang ini, calon bupati dari Partai Golkar ini memandang bahwa layanan kesehatan yang murah bagi masyarakat tetaplah penting. Di sini peran pemerintah tetap strategis dan masih menjadi tumpuan harapan masyarakat.

“Program kesehatan gratis tetap akan menjadi prioritas saya. JAMKESDA termasuk di dalamnya. Lalu, juga ada program penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan secara lebih kontinu dan terpadu. Semuanya dilakukan dengan berbasis pada kemitraan terhadap masyarakat,” jelas Tetty Paruntu.

“Saya memprioritaskan pengembangan dan penguatan lembaga-lembaga kesehatan yang ada, seperti rumah-rumah sakit, puskesmas-puskemas, puskesmas keliling, dan puskesmas pembantu supaya dapat beroperasi lebih baik. Visi saya, setiap puskesmas nantinya dapat memiliki pelayanan rawat inap, dan saluran obat-obatan pun harus lancar,” papar kandidat yang berlatar belakang politisi-pengusaha ini.

Di kesempatan lain, Tetty juga menyatakan tekad untuk menyediakan mobil ambulans yang bisa melayani masyarakat miskin di pelosok-pelosok yang kesulitan menjangkau fasilitas kesehatan umum. Kios-kios obat murah di sejumlah tempat yang jauh dari keramaian juga perlu disediakan supaya semakin banyak masyarakat terlayani.

Lebih jauh, Tetty juga bertekad supaya status Rumah Sakit Umum Minsel dapat meningkat menjadi rumah sakit terbaik. Caranya, tentu dengan meningkatkan kemampuan penanganan dan pelayanan kesehatan secara profesional, serta melalui tenaga yang terampil dan lembaga kesehatan yang terpercaya. “Dan, yang paling penting, harapan saya masyarakat pun bisa diajak, dibina, dan dimotivasi untuk memiliki pola hidup yang sehat,” pungkas Tetty.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s