Tetty Paruntu: PANTAS Membawa Perubahan dan Kebangkitan untuk Minsel!

Tetty Paruntu selalu berbaur dan menyatu dalam rasa warga Minahasa Selatan yang ingin mengalami perubahan dan percepatan pembangunan.

Salah satu kritik yang paling sering dilontarkan terhadap Christiany Eugenia Tetty Paruntu adalah asumsi bahwa calon bupati termuda dalam sejarah pilkada Minsel ini tidak menguasai seluk-beluk birokrasi pemerintahan. Kritik ini memang sengaja diwacanakan untuk menaikkan positioning bakal calon bupati yang berlatar belakang birokrasi. Sementara, Tetty Paruntu sendiri berlatar belakang pengusaha sukses sekaligus politisi muda potensial dari Partai Golkar.

Menanggapi kritikan semacam ini, Tetty Paruntu mengakui bahwa dirinya juga memiliki kekurangan. “Nobody’s perfect… Saya juga punya kekurangan, dan itu tidak mudah diatasi dalam waktu singkat. Itu sebabnya, saya memilih pasangan Sonny Frans Tandayu, seorang birokrat andal dan yang terbaik di Minahasa Selatan,” tegas Tetty yang saat ini menjabat Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratama di Jakarta, sekaligus pemilik CEP Group dan Partim Group ini.

Namun begitu, Tetty meminta masyarakat calon pemilih melihat visi dan misinya dalam pencalonan bupati ini, termasuk program-program yang diusung, berikut berbagai kesiapan lain sebagai seorang pemimpin. Dari sisi visi, misi, dan programlah seorang pemimpin bisa dilihat komitmen dan kesiapannya dalam memerintah. Tetty juga menegaskan kembali pengertian leader dan leadership dalam organisasi apa pun yang bersifat universal.

Leader itu fungsinya to lead, memimpin orang-orang terampil dan terbaik di bidangnya untuk mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin itu fungsinya menginspirasi, memotivasi, dan membuat kebijakan bisa dijalankan agar memberikan hasil sesuai rencana atau target yang telah ditetapkan. Pemimpin itu tidak mengerjakan detail, tetapi mengambil keputusan berdasarkan big picture yang dikuasainya,” jelas putri sulung politisi senior Jennie J. Tumbuan (mantan Ketua DPRD Minsel) dan Prof. Ir. Jopie Paruntu Ph.D (mantan Rektor Unsrat dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Sulut) ini.

“Sementara leadership adalah soal wawasan tentang kepemimpinan dan bagaimana seorang pemimpin berperilaku. Saya datang dengan visi dan misi pelayanan, bukan untuk dilayani. Saya ingin mengubah paradigma kepemimpinan dan pemerintahan yang dilayani menjadi kepemimpinan dan pemerintahan yang melayani masyarakat. Dan, untuk mencapai itu semua, dalam pemerintahan nanti saya akan dibantu oleh orang-orang yang mempunyai mentalitas yang dapat diandalkan. Mereka adalah orang-orang Minsel yang cerdas, terampil, rajin, bertanggung jawab, serta bisa bekerja cepat dan tepat,” tegas Tetty Paruntu sembari merujuk Sonny Tandayu sebagai yang terbaik untuk mendampinginya menjalankan pemerintahan di Minsel.

Tetty yang berdasarkan survei FPC menduduki posisi teratas ini juga mengingatkan, bahwa salah satu yang terpenting dalam pemerintahan adalah team work yang kompak, satu komitmen, loyal, dan saling mengisi. Kekurangannya menyangkut tetek-bengek kebirokrasian otomatis akan diisi oleh kepiawaian dan pengalaman Sonny Tandayu sebagai birokrat karier di Pemkab Minsel.

“Dan kalau ditanya, di antara semua calon bupati dan wakil bupati, birokrat mana yang paling memahami Minsel? Bukankah jawabannya Sonny Tandayu? Yang di sepanjang karier birokrasinya selalu bergelut dengan berbagai persoalan di Minsel…? Bukan calon birokrat dari luar Minsel, kan?” ungkap Tetty Paruntu balik bertanya.

Sebaliknya, kekurangan-kekurangan yang mungkin melekat dalam birokrasi pemerintahan kemungkinan bisa dilengkapi dengan leadership dan kemampuan-kemampuan manajerial dari organisasi modern semacam perusahaan. “Saya pengusaha, orang bisnis, setiap hari bergelut dengan yang namanya peluang, investasi, kompetisi, performance, prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas. Saya berpacu dengan kecepatan bertindak untuk meraih progres dan target yang ditetapkan. Kami tidak bisa berpikir dan bertindak lambat karena bisa kehilangan peluang. Dan, saya dibantu Sonny Tandayu akan membuat perubahan-perubahan yang cepat dan tepat untuk Minsel, untuk kehidupan yang lebih baik,” tegas Tetty Paruntu.[]

11 responses to “Tetty Paruntu: PANTAS Membawa Perubahan dan Kebangkitan untuk Minsel!

  1. Senin, 17 Mei 2010 , 10:28:00
    Progam Pan-Tas Untuk Rakyat: Ekspor dan Dirikan Pabrikan Ikan Prioritas

    AMURANG—Pasangan yang diusung Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu terus menyerap dukungan. Ini karena masyarakat menilai duet dengan sebutan Pan-Tas ini merupakan pasangan ideal untuk memimpin Minsel ke depan.
    Dan memang banyak program untuk memajukan segala sektor di Minsel telah dipersiapkan duet dengan latar belakang pengusaha sukses dan birokrat handal itu.
    Seperti akan disiapkan investor untuk perikanan terkait pengeksporan ikan. Karena hal ini masuk dalam visi misi pasangan Tetty-Sonny.
    Dan para investor-investor ternama siap didatangkan Tetty Paruntu yang memang berlatar belakang pengusaha sukses itu. Mereka akan mendirikan perusahaan pengolahan ikan yang siap di ekspor. “Ini untuk memudahkan nelayan Minsel untuk memasarkan hasil tangkapannya,” tandas Tetty Paruntu.
    Warga pun sangat mendukung karena jika berjalan dengan lancar itu akan menambah lapangan kerja buat warga Minsel. “Banyak nelayan Minsel hanya menjualkan hasilnya dengan harga yang standar,” ujar Herman, salah satu nelayan asal Kapitu, sembari menambahkan kalau ada perusahaan yang datang itu sangat memudahkan nelayan untuk menjual hasilnya.(ras/*)

  2. Selasa, 18 Mei 2010 , 09:45:00
    Pan-Tas Semakin Dicintai: Tandayu Berbuat Untuk Minsela

    AMURANG—Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin sulit terbendung. Kecintaan warga pun semakin kuat untuk memenangkan calon yang diusung Partai Golkar (PG) di Pilkada 3 Agustus nanti.
    Terlebih warga Minahasa Selatan Atas (Minsela) bangga dan senang putra daerahnya Sonny Tandayu bisa mendampingi Christiany Eugenia Paruntu di Pilkada Minsel.
    Seperti dipaparkan Vember Momongan, aktivis mahasiswa asal Minsela, bahwa pasangan Tetty Paruntu bersama pak Sonny memang sangat layak di dukung di Pilkada nanti. Alasannya Tetty benar-benar tepat dalam memilih pasangannya apalagi menang lewat survei. “Pak Sonny, adalah putra terbaik Minsela juga sangat berpengalaman dalam melayani masyarakat,” terang Momongan.
    Dia pun mencerirtakan bagaimana seorang Sonny Tandayu pada tahun 1993 lalu, pernah menjadi camat di Modoinding dan tahun 1996 pindah ke Tondano. Saat perpisahan hampir seluruh warga Modoinding hadir dalam acara tersebut, karena pak Sonny dalam melayani warga sangat profesional dan sangat dicintai warga Modoinding.
    Begitu juga sampai menjabat asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat kabupaten Minsel. “Semua tugas yang diberikan kepada Sonny selalu mengutamakan kepentingan rakyat,” katanya nampak bangga.
    Pun demikian Hanny Laoh, warga Tompaso Baru yang memuji karakter Sonny Tandayu. “Pak Sonny memang birokrat handal yang selalu siap melayani masyarakat,” nilainya.(ras)

  3. Rabu, 19 Mei 2010 , 10:17:00
    Ingin Pariwisata Minsel Mendunia
    Tetty Bakal Datangkan Investor

    AMURANG—Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin elegan. Pun dukungan warga pun semakin tak terbendung untuk memenangkan calon yang diusung Partai Golkar (PG) di Pilkada 3 Agustus nanti.
    Tak hanya sekedar memberikan dukungan seribu harapan ikut digantungkan warga pada Pan-Tas, agar kehidupan mereka lebih baik di waktu mendatang, khususnya saat di Pimpin Bupati Tetty Paruntu dan Wabup Sonny Tandayu.
    Seperti desakan warga agar sektor pariwisata Minsel harus mendunia. Karena banyak wisata alam yang belum tergarap maksimal. Misalnya wisata taman laut yang ada di Tatapaan ternyata tak kalah dengan daerah lain. Menurut Sonny Runtuwarow tokoh masyarakat setempat, taman laut yang ada di Tatapaan akan terkenal asalkan pemerintah benar-benar serius mengelolanya, terutama dalam mempromosinya. “Diharapkan kalau pemerintahnya dari pengusaha pasti mengerti bagaimana mengelolanya,” nilainya.
    Bagi Runtuwarow jika Minsel dipimpin Tetty Paruntu akan sangat cepat kemajuan di sektor Pariwisata Minsel. Karena sebagai seorang pengusaha yang sukses Tetty pasti tahu dan mengerti cara cepat dan tepat memajukan potensi wisata yang ada di Minsel.
    Tetty sendiri telah menyiapkan beberapa investor untuk membantu dan membangun dunia wisata yang ada di Minsel. Bahkan menurut Tetty ke depan akan membuka tempat pelatihan untuk generasi muda Minsel dalam meningkat pengetahuan tentang pariwisata. “Jika Tuhan berkenang Minsel akan lebih baik diwaktu mendatang,” kata wanita cantik itu.(ras/*)

  4. Kamis, 20 Mei 2010 , 09:58:00
    PanTas Pasangan Paripurna

    Oleh: Brilliant Charles, SE.
    Ketua AMPG Minsel
    Wakil Ketua Golkar DPD II Minsel
    Ketua Wirakarya Minsel

    SEMAKIN dekatnya pilkada Minsel membuat masyarakat semakin yakin dengan pilihannya masing-masing. Begitu juga calon dari Partai Golkar yang telah menyiapkan beberapa strategi jitu untuk memenangi Pilkada Minsel.
    Kami dari organisasi sayap AMPG telah menyiapkan strategi khusus untuk memenangkan pasangan PanTas dengan berkoordinasi dengan Ketua Partai Golkar Minsel untuk melakukan konsolidasi sampai ke kecamatan dan kelurahan. Dengan begitu maka roda partai lewat AMPG akan berjalan dengan maksimal selain itu juga kami telah mempersiapkan untuk mengumpul para kawula muda Minsel yang potensial untuk bisa bergabung bersama kami untuk dapat memenangkan pasangan PanTas yang di mata AMPG merupakan pasangan yang paripurna dan sarat keterwakilan.
    Seperti kita ketahui bersama, ibu Tetty Paruntu adalah seorang pengusaha yang disandingkan dengan Sonny Tandaju yang notabene figur birokrat murni yang sudah banyak menempati posisi krusial di pemerintahan Minsel. Selain itu, juga pasangan ini merupakan keterwakilan wilayah di Minsel, yaitu ibu Tetty merupakan srikandi asli Minsel yang berdomisili di Amurang. Sedangkan pak Sonny Tandaju yang kita ketahui juga putra daerah minsel yang mewakili Minahasa Selatan Atas (Minsela). Ini merupakan bukti bahwa Partai Golkar Minsel selalu mengedepankan keinginan masyarakat sehingga kami dari organisasi sayap sangat salut pada ibu Nini Tumbuan selaku ketua DPD II Minsel dan ketua DPD I Partai Golkar Stefanus Vreeke Runtu yang selalu mengedepankan keinginan masyarakat dari pada kepentingan partai. Untuk itu sudah selayaknya AMPG memberikan apresiasi dengan perjuangannya sehingga menghasilkan pasangan yang paripurna dan betul-betul mengedepankan aspirasi masyarakat.(*)

  5. 25 Mei, Deklarasi Pan-tas
    Thursday, 20 May 2010

    POSKO, AMURANG – Jika tidak ada aral melintang Selasa (25/5), pekan depan pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati, Christiany Eugenia Tetty Paruntu dan Sonny F Tandayu akan dideklarasikan.

    Tim Kampanye PG wilayah Amurang (Robby Sangkoy), Sinonsayang (Karel Lakoy) dan Kumelembuay (Jan Mongkareng) kepada wartawan mengatakan, deklarasi yang direncanakan 25 mei mendatang akan dihadiri ribuan pengurus partai Golkar (PG), tim independet, tim relawan dan tim pemenangan Pan-tas. “Deklarasi sekaligus juga pendaftaran di Sekretariat KPUD Minsel,” ujar ketiganya.
    Sementara itu Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu, meminta kepada kader simpatisan dan semua tim yang sudah terbentuk serta kepada masyarakat Minsel agar bersama-sama mendoakan rencana Deklarasi PANTAS 25 Mei rencana dimulai Pukil 11.00 Wita Tguh Bersinar Minsel. “Biarlah segala persiapannya sesuai degan kehendak Bapa di Surga,” ujar keduanya, sambil menambahkan semua simpatisan dan teman-teman yang ingin hadir dalam acara tersebutbisa agar menghubungi Ketua PK Golkar setempat, Ketua tim Independen perdesa atau hubungi POSKO PANTAS terdekat dan PANTAS MEDIA CENTRE (Trans Sulawesi, Gedung Golkar).(705/*)

  6. KANDIDAT
    Tuesday, 18 May 2010
    Sinonsayang Pan-tas Harga Mati

    POSKO,SINONSAYANG — Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny F Tandayu (Pan-tas) sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Partai Golkar. Terus mendapat simpati dari berbagai lapisan masyarakat Minsel.

    Calon Bupati yang juga Putri kesayangan Prof J Paruntu dan Jenny J Tumbuan, serta wakilnya Sonny Tandayu yang juga birokrat handal, sangat disegani oleh warga Minsel. Bahkan sebagian besar warga di Kecamatan Sinonsayang merasa akrab dengan Pan-tas.
    Apalagi secara pribadi dan melalui Tim Sukses dan Tim Independent Pan-tas terus melakukan hajatan social di sejumlah kecamatan termasuk Sinonsayang.
    Setiap kunjungan yang dilakukan Pan-tas termasuk Tim Pemenangan dan independent, disambut antusias berbagai lapisan masyarakat. Di Sinonsayang sendiri Pan-tas terus dieluk-elukan bahkan didukung sebagian besar masyarakat sebagai Bupati dan wakil Bupati Minsel 2010-2015.
    “Pantas harga mati dan Kami akan memberikan dukungan dan memenangkan keduanya sebagai Bupati dan wakil bupati Minsel,” ujar Karel Lakoy ketua Tim Sukses PG Kecamatan Sinonsayang. (705/*)

  7. Jum’at, 21 Mei 2010 , 10:02:00
    GOT Support PanTas

    AMURANG — Support serta topangan untuk duet pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sony Tandayu (PanTas) semakin merambah. Terbukti sampai pada generasi muda gereja sudah bulan mendukung duet PanTas. Salah satunya ministry yang dipimpin Astrid Saroinsong yaitu Generation Of Transformation (GOT). Perkumpulan anak – anak muda dari berbagai interdenominasi gereja ini secara serentak mendukung langkah PanTas. “Ibu Tetty dan Pak Sonny adalah figur yang terbukti dari dulu aktif dalam pelayanan Gereja,” kata Deo Ronaldo putra asal Amurang yang aktif dalam pelayanan GOT.
    GOT pun secara sukarela terpanggil untuk menjadi tim pendoa bagi PanTas. Bahkan menyisahkan waktu untuk puasa demi kemenangan mutlak pasangan ini.
    “Minsel memerlukan pemimpin yang takut Tuhan untuk perubahan yang bukan sekedar janji semata”, tutur Astrid, keke asal Motoling yang menjadi leader GOT.(mg-07)

  8. Jum’at, 21 Mei 2010 , 10:25:00
    PanTas Deklarasi 25 Mei

    AMURANG – Dukungan kuat pada pasangan usungan Partai Golkar (PG), Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu segera dipatenkan. Pasangan dengan sebutan ngetop PanTas itu akan mendeklarasikan diri sebagai calon resmi pada 25 Mei nanti.
    Hajatan spektakuler duet kolaborasi Minsel-Minsela tersebut akan dikukuhkan di Gedung Teguh Bersinar Amurang mulai pukul 10.00 Wita. Figur top PG seperti Ketua Umum PG Aburizal Bakrie, Korwil PG Sulawesi Nurdin Halid, Ketua PG Sulut Stevanus Vreeke Runtu serta seluruh jajaran fungsionaris PG Sulut akan ikut hadir. “Benar pada deklarasi Tetty-Sonny sebagai calon bupati dan wakil bupati rencananya akan dihadiri petinggi Partai Golkar pusat dan provinsi,” aku Ketua PG Minsel Jenny Ninie Tumbuan-Paruntu.
    Acara semakin heboh karena ribuan massa militan PanTas akan dihibur artis-artis top ibukota. Grup band papan atas Stinky dengan maskot sang vokalis Andre Stinky, juara dunia Chrismas Idol Dewi Marpaung. Plus Stevi,Vidia,Renny, Lina, Blocking Model. Serta duet MC handal Samuel Rawung dan Astrid Ester diiringi Eugenia Band.
    Untuk mengantisipasi massa militan PanTas yang akan membludak Tim Pemenangan maupun Tim Sukses mulai melakukan persiapan. “Massa pendukung PanTas yang akan datang diminta untuk melapor ke pos-pos yang telah dipersiapkan,” tandas salah satu tim pemenangan PanTas, Berlian Charles.
    Tetty Paruntu berharap massa pendukungnya dapat menjaga keamanan. “Mari kita menjaga ketertiban serta menghindari tindakan anarkis,” imbau Tetty sembari meminta maaf atas terganggunya aktivitas warga saat deklarasi nanti.(ras)

  9. Jum’at, 21 Mei 2010 , 10:03:00
    Deklarasi PanTas Super Heboh
    Boyong Band Stinky dan Dewi

    AMURANG – Selain dukungan makin kuat datang dari masyarakat namun pasangan usungan Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (PanTas) tetap bekerja keras. Duet respresentasi Minsel-Minsela itu pun bakal menggelar deklarasi super heboh pada 25 Mei nanti.
    Acara yang akan dipusatkan di Teguh Bersinar itu tak hanya akan dihadiri ribuan massa militant PanTas tapi juga artis-artis top ibukota juga diboyong ke Kota Dodol. Grup band papan atas Stinky dengan maskot sang vokalis Andre Stinky serta jawara dunia Chrismas Idol Dewi Marpaung akan mempersembahkan suara emasnya pada pendukung PanTas nanti.
    So pasti acara ini bakalan lebih semarak karena tokoh-tokoh papan atas PG juga turut serta. Ketua Umum PG Aburizal Bakrie, Korwil Sulawesi Nurdin Halid, Ketua PG Sulut Stevanus Vreeke Runtu akan ikut membaur di acara yang akan dimulai pukul 10.00 Wita itu. “Massa pendukung PanTas yang akan datang diminta untuk melapor ke pos-pos yang telah dipersiapkan,” tandas salah satu tim pemenangan PanTas Berlian Charles.
    Tetty Paruntu berharap massa pendukungnya dapat menjaga keamanan. “Mari kita menjaga ketertiban serta menghindari tindakan anarkis,” imbau Tetty.(ras)

  10. Sabtu, 22 Mei 2010 , 09:50:00
    Dukungan-Kekuatan Makin Solid
    Tetty Pantau Posko PanTas

    AMURANG—Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin elegan. Selain dukungan warga makin tak terbendung, kekuatan di semua lini terus dimaksimalkan.
    Seperti pembuatan posko-posko PanTas yang sudah mulai didirikan di hampir seluruh wilayah Minsel.
    Sebagai pimpinan Tetty Paruntu pun ikut turun memperhatikan keberadaan dan perkembangan tim pemenangnya termasuk pembuatan Posko-posko tersebut. Pada Jumat (21/5) kemarin, Tetty memantau Posko PanTas di Kelurahan Buyungon Amurang. Posko ini dibangun untuk keamanan warga setempat. Hal ini diakui beberapa warga diantaranya, Welly Tumbuan dan Uce Winokan warga Buyungon “Kami merasakan keamanan makin terjamin dengan adanya posko ini,” ungkap keduanya.
    Sementara itu, perempuan cantik ini sangat berterima kasih kepada warga yang dengan sukarela membangun posko ini. Terutama demi keamanan dan kenyamanan bersama. “Saya berharap fungsi posko ini tetap jalan dan tidak hanya beroperasi sesaat saja,” tandas Paruntu sambil tersenyum.(cw-04/ras

  11. Jum’at, 21 Mei 2010 , 10:03:00
    Deklarasi PanTas Super HebohBoyong Band Stinky dan Dewi

    AMURANG – Selain dukungan makin kuat datang dari masyarakat namun pasangan usungan Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (PanTas) tetap bekerja keras. Duet respresentasi Minsel-Minsela itu pun bakal menggelar deklarasi super heboh pada 25 Mei nanti.
    Acara yang akan dipusatkan di Teguh Bersinar itu tak hanya akan dihadiri ribuan massa militant PanTas tapi juga artis-artis top ibukota juga diboyong ke Kota Dodol. Grup band papan atas Stinky dengan maskot sang vokalis Andre Stinky serta jawara dunia Chrismas Idol Dewi Marpaung akan mempersembahkan suara emasnya pada pendukung PanTas nanti.
    So pasti acara ini bakalan lebih semarak karena tokoh-tokoh papan atas PG juga turut serta. Ketua Umum PG Aburizal Bakrie, Korwil Sulawesi Nurdin Halid, Ketua PG Sulut Stevanus Vreeke Runtu akan ikut membaur di acara yang akan dimulai pukul 10.00 Wita itu. “Massa pendukung PanTas yang akan datang diminta untuk melapor ke pos-pos yang telah dipersiapkan,” tandas salah satu tim pemenangan PanTas Berlian Charles.
    Tetty Paruntu berharap massa pendukungnya dapat menjaga keamanan. “Mari kita menjaga ketertiban serta menghindari tindakan anarkis,” imbau Tetty.(ras)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s