Sukses Sosialisasi, Tim Sukses Tetty Jadi “Incaran”

Tetty Paruntu: Keberhasilan kerja tim sukses merupakan miniatur kemampuan leadership dan manajerial seorang kandidat dalam pemerintahan nantinya.

Tetty Paruntu saat peresmian Tim Sukses Independen: Keberhasilan kerja tim sukses merupakan miniatur kemampuan leadership dan manajerial seorang kandidat dalam pemerintahan nantinya.

Militan, loyal, taktis, kreatif, dan penuh semangat, barangkali itulah kata-kata yang bisa menggambarkan kondisi sekelompok anak muda berdedikasi yang menjadi motor penggerak tim sukses Christiany Eugenia Tetty Paruntu (PANTAS). Anak-anak muda ini diam-diam dan tanpa banyak diekspos media massa, terus bekerja dengan penuh rencana serta berdasarkan data-data survei maupun ‘intelijen’ lapangan yang sangat akurat. Apabila calon-calon lain baru habis-habisan usai resmi mendapatkan kendaraan politik medio Maret-April 2010 ini, tim sukses independen Tetty Paruntu justru sudah tersusun dan bergerak efektif sejak Agustus-September 2009 lalu.

“Sejak awal kami bekerja berdasarkan data-data dan informasi lapangan yang akurat, bukan berdasar asumsi atau perkiraan-perkiraan belaka,” jelas Tertius, motor penggerak tim independen. “Kami merencanakan semua strategi dengan rapi dan selalu punya antisipasi-antisipasi langkah. Makanya, gerak kami sulit dideteksi, tetapi tiba-tiba ada hasil di permukaan. Kuncinya, kami kuasai informasi di lapangan dan punya tim-tim kerja hingga ke tingkat desa-desa, jauh-jauh hari sebelum calon kandidat lain membentuknya.”

Saat ditanya, siapa yang men-support tim sukses ini sehingga mampu bekerja dengan taktis, Tertius menyebutkan beberapa nama politisi senior yang kiprahnya di Sulut sudah tak terbantahkan. “Selain dari Ibu Tetty Paruntu sendiri, kami juga punya penasihat-penasihat strategi politik senior, seperti Ibu Jennie Tumbuan, Profesor Jopie Paruntu, sejumlah akademisi, dan orang-orang yang dulu pernah bekerja di KPUD maupun Panwasda,” tambah pria jebolan Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang, ini.

Tahapan-tahapan pilkada sedang bergulir, namun tim sukses independen Tetty Paruntu sudah berhasil menunjukkan kinerja yang cukup memuaskan. Di antaranya adalah keberhasilan aktivitas sosialisasi yang sangat intensif kepada warga Minsel sejak Agustus 2010 lalu. Hasilnya, Tetty Paruntu selalu menempati urutan teratas pada survei-survei elektabilitas yang diadakan lembaga independen, internal Partai Golkar, atau bahkan survei-survei internal partai lain.

Kampanye media (online/offline) Tetty Paruntu memang cukup mengena sehingga kandidat ini selalu mampu menjadi news maker. Acara-acara sosialisasi dengan program-program bantuan langsung ke masyarakat, kegiatan-kegiatan road show KKR di semua kecamatan di Minsel sejak Oktober tahun lalu hingga detik ini, termasuk KKR Akbar “Minsel Diberkati” 15 Maret 2010 lalu yang juga sukses gemilang.

Dengan persiapan dan apa yang sudah dilakukan di lapangan selama ini, serta hasil-hasil survei yang meneguhkan potensi elektablitas, tak heran bila DPP Partai Golkar tanpa ragu-ragu menetapkan Tetty Paruntu dan Sonny F. Tandayu sebagai calon bupati dan wakil bupati di pilkada Minsel 2010. “Ini kemenangan awal, sekaligus potret kemenangan kami di pilkada nanti. Kami sangat yakin menang satu putaran!” tegas Tetty Paruntu.

Efektivitas dan kecepatan tim sukses Tetty Paruntu dalam hal sosialisasi di Minsel bukan klaim belaka. Bahkan, rilis survei terbaru dari Foundation Public Care (FPC) pada 8 April 2010 menyebutkan, Tetty Paruntu (Partai Golkar) berada di urutan teratas dengan perolehan 25,5% suara responden (796 suara dari total 3.120 responden). Disusul posisi kedua oleh birokrat Ferry Freike Liwe, calon bupati dari PDIP, dengan perolehan 16,7% (521 suara), posisi ketiga birokrat Ventje Tuela 12,2% (381 suara) yang kabarnya diusung Partai Demokrat, posisi keempat birokrat Asiano Gemmy Kawatu 8,9% (278 suara) yang kabarnya diusung sejumlah partai kecil, dan sisanya ada 16 nama lain, termasuk Andry Harits Umboh 2,8% yang dikabarkan maju dari jalur independen.

“Berpijak dari fakta survey di lapangan, kami memprediksikan Pemilukada Minsel bakal satu putaran,” tutur Vice President FPC, DR. Ir. Afendy Andy Nugroho, S.Kom,MSi,, seperti dikutip BeritaManado.com (8/4). “Karena, jika peserta yang ikut bertarung hanya berjumlah lima pasangan, dengan demikian dukungan masyarakat akan lebih terarah pada calon yang popularitasnya menempati urutan teratas sesuai hasil survey. Estimasi hitungan kami, dari perolehan dukungan responden berdasarkan hasil survey, khusus calon yang menempati urutan teratas, bakal memperoleh ketambahan 15% dukungan masyarakat,” jelas Afendy.

Ketangguhan tim sukses Tetty Paruntu ternyata cukup menggoda pihak pesaing. Sebagaimana dituturkan salah seorang anggota tim sukses, banyak juga anggota tim lapangan yang dibujuk pihak lawan untuk menyeberang dengan iming-iming gaji tetap dan fasilitas kendaraan bermotor. Tak sedikit pula yang KTP-nya mau dipinjam untuk dipakai sebagai bukti dukungan kepada calon tertentu.

“Kami sudah antisipasi itu semua. Kami bilang ke warga pendukung kami, minta jaminan Rp500.000 untuk setiap KTP yang dipinjam itu. Sebab, jangan-jangan KTP tidak kembali, kan urus KTP mahal hahaha…. Dan itu dijalankan,” ujar anggota tim sukses yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Solid dan rapinya tim sukses Tetty Paruntu mungkin cukup ‘merepotkan’ dan ‘menggelisahkan’ pihak kompetitor yang kurang siap. Bahkan, beberapa waktu lalu terjadi pengerusakan baliho-baliho sosialisasi Tetty Paruntu secara sistematis di Amurang. Dan belakangan, muncul tindakan tidak bertanggung jawab dari kubu lawan, yaitu membentuk ‘tim sukses palsu’ yang mengatasnamakan tim sukses Tetty Paruntu. Tim sukses palsu inilah yang melakukan aktivitas-aktivitas kontraproduktif dan menjadi kampanye negatif bagi Tetty Paruntu.

“Kami sudah memperkirakan akan ada cara-cara semacam ini. Kami sudah antisipasi, karena semua anggota tim kerja dan tim sukses Tetty Paruntu punya kartu identitas yang diserahkan langsung oleh Ibu Tetty. Sejauh ini warga Minsel tahu mana karakter tim sukses Tetty Paruntu yang sebenarnya, dan mana tim sukses palsu yang ingin merusak nama calon kami,” jelas Tertius, sembari menyebutkan ada belasan ribu kartu identitas tim kerja dan tim sukses yang sudah dibagikan.

“Itu sebabnya, kami selalu mendapatkan laporan langsung dari lapangan dan bisa antisipasi kalau ada move-move lawan yang seperti itu,” tambahnya lagi. Dengan kerapihan strategi dan taktik semacam itu, dan diperkuat oleh hasil survei yang objektif, tak heran bila tim sukses Tetty Paruntu yakin kandidat PANTAS yang mereka usung akan menang dalam satu putaran saja.[]

5 responses to “Sukses Sosialisasi, Tim Sukses Tetty Jadi “Incaran”

  1. Senin, 10 Mei 2010 , 10:42:00
    Warga Tokin Rindukan Tetty Bupati

    AMURANG-Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin mantap. Berbagai dukungan dari sejumlah elemen masyarakat terus mengalir untuk pasangan ini.
    Seperti aspirasi yang warga Desa Tokin yang menginginkan Tetty Paruntu menjadi Bupati Minsel periode 2010-2015. Ini terungkap saat kunjungan Tetty bersama rombongannya ke desa yang masuk Kecamatan Motoling Timur itu pada Sabtu (8/5) lalu.
    Kedatangan wanita cantik dengan latar belakang pengusaha itu langsung dikerumini warga setempat. Mereka berharap Tetty bisa menjadi bupati. “Kami warga Tokin, sangat mendukung Tetty dalam pilkada Agustus nanti,” ujar Jerry dan Ober, warga desa Tokin.
    Pun kata keduanya Tetty Paruntu sudah banyak membantu warga Minsel dengan tepat dan cepat. “Begitu juga visi dan misinya untuk membangun Minsel sangat jelas,” tandas keduanya.
    Tetty sendiri sangat berterima kasih atas antusias warga untuk memberikan dukungan dan berharap kepada warga untuk selalu menjaga keamanan. “Mari kita selalu mengedepankan kasih dalam bermasyarakat,” pintah Tetty yang langsung disambut aplaus warga.(cw-06/ras/*)

  2. Selasa, 11 Mei 2010 , 09:59:00
    Program Cepat dan Tepat Didukung Warga
    Warga Poopo Siap Menangkan Pan-Tas

    AMURANG—Pasangan cabup-cawabup dari Partai Golkar, Christiany Eugenia Paruntu (Tetty), dan Sonny Tandayu yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minsel makin berkibar. Ini tak lain karena dukungan yang makin mengalir deras dari berbagai elemen.
    Seperti Warga Desa Poopo Motoling yang siap menangkan pasangan Pan-Tas. “Dengan program membangun Minsel dengan cepat dan tepat, kami sangat yakin akan kepemimpinan Tetty-Sonny,” tandas Yan Wowor dan Tommy Lumintang warga setempat.
    Lebih jauh menurut mereka pasangan Tetty-Sonny benar-benar bisa membangun Minsel dengan cepat dan tepat karena dengan dasar sebagai pengusaha yang sukses yang muda serta dan enerjik. Diyakini Tetty bisa mendatangkan investor yang banyak dan bisa menciptakan banyak lapangan pekerkerjaan. “Apalagi Tetty memang sudah lama membantu warga Minsel,” pungkas mereka.
    Dalam kunjungan Tetty Paruntu Minggu kemarin, didampingi orang tua tercinta prof Joppie Paruntu dan Ny J Paruntu Tumbuan dalam acara keluarga Marentek, disambut ratusan warga desa Poopo dan sekitarnya.
    Di depan ratusan warga, Tetty mengatakan akan mengembangkan ekonomi kerakyatan. “Agar supaya warga Minsel akan lebih maju dan lebih baik dari sekarang,” tegas wanita cantik itu.(ras/*)

  3. Pan-tas Prioritaskan Pendidikan Termasuk Mami
    Monday, 10 May 2010

    POSKO, AMURANG – Menyikapi persoalan pendidikan di Minsel saat ini. Calon Bupati dan wakil Bupati Partai golkar, Christiany Eugenia “Tetty” Paruntu dan Sonny F Tandayu (Pan-tas).
    Tim sukses Pan-tas Bonny Pongantung, mengatakan, sejak awal Pan-tas sudah komitmen untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Minsel dalam hal ini dunia pendidikan.
    Bukan hanya fasilitas yang akan disiapkan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan namun juga kesejahteraan tenaga guru akan diperhatikan.
    Hal senada dikatakan Jan Mongkareng, ketua TS PG di Kecamatan Kumelembuay wilayah Minsela. menurutnya jika Pan-tas dipercayakan masyarakat untuk memimpin Minsel kedepan, pasti akan memperhatikan kesejahteraan para guru. Termasuk didalamnya akan mengusulkan agar para guru juga diberikan tunjangan Makan Minum (Ma-mi). Apalagi orang tuanya Prof J Paruntu, sebagai tokoh pendidikan juga mantan Rektor Unsrat Manado dan saat ini anggota DPRD Provinsi Sulut. “Kami siap memenangkan Pan-tas demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Minsel,” ujarnya
    Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu, mengatakan, akan memperhatikan mutu pendidikan di Minsel dan siap memperjuangkan kesejahteraan bagi para guru. “Peningkatan kesejahteraan bagi para guru adalag salah satu visi dan misi kami (Pan-tas),” ujar keduanya.(705/*)

  4. Rabu, 12 Mei 2010 , 10:42:00
    Benahi Pendidikan Prioritas Pan-Tas

    AMURANG — Banjir dukungan tak membuat pasangan Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu puas. Duet Pan-Tas ini pun tetap konsisten dalam bersosialisasi dan menjabarkan program-program yang terrangkum dalam visi cepat dan tepat.
    Pasangan yang diusung Partai Golkar (PG) ini punya segudang program andalan yang mengedepankan kepentingan rakyat, khususnya mereka yang kurang mampu. “Salah satu yang harus diberikan pada masyarakat adalah pendidikan yang memadai,” ungkap Tetty Paruntu.
    Dan memang sekolah gratis merupakan salah satu program yang akan dilakukan pasangan Pan-Tas jika terpilih menjadi top eksekutif periode 2010-2015. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia di Minsel. “Jika Tuhan berkenan program pendidikan gratis akan benar – benar dilakukan dan tidak ada pungutan, karena daerah akan cepat maju jika masyarakat khususnya anak –anak mendapat pendidikan sebaik mungkin dengan cara gratis. Sehingga lanjut wanita cantik ini, ke depan dalam proses mencari pekerjaan SDM-SDM di Minsel sudah siap. “Perbaikan infrastruktur sekolah juga akan menjadi prioritas kami,” terangnya sambil mengatakan dengan suasana nyaman akan mempercepat proses belajar mengajar.
    Begitu juga dengan staf pengajar harus diberikan perhatian khusus. “Jadi semua yang berhubungan dengan pendidikan akan membuat SDM di Minsel lebih baik, makanya harus digenjot. Dan ini sudah menjadi visi misi kami,” pungkasnya.(mg-09/ras)

  5. Jum’at, 14 Mei 2010 , 09:51:00
    Tetty Terpanggil Mengabdi

    AMURANG—Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin sulit terbendung. Dukungan warga pun semakin kuat untuk memenangkan calon yang diusung Partai Golkar (PG) di Pilkada 3 Agustus nanti.
    Sedangkan untuk Tetty Paruntu menjadi pemimpin daerah bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan awal perjuangan sesuai panggilan hati nurani untuk mengabdi di daerah asal. Sebab panggilan ini bermotif dasar terpanggil untuk melayani masyarakat demi kemuliaan nama Tuhan dan untuk tanah leluhur Minahasa Selatan yang tercinta. Melalui tindakan nyata dan dalam meningkatkan realisasi target-target pembangunan di segala bidang. “Modal dasar inilah yang membuat ibu Tetty terus bersemangat untuk menjadi pemimpin yang siap melayani masyakat Minsel,” ungkap Liong Pangkey dan Nyong Mononimbar pendukung setia pasangan Tetty Sonny.
    Menurut keduanya hal ini benar-benar menjadi harapan masyarakat. Apalagi Tetty berpasangan dengan Sonny Tandayu birokrat handal putra Minsela. “Ini merupakan pasangan yang sangat di inginkan masyarakat Minsel,” tambah Liong dan Nyong.
    Tak heran dari seluruh tempat yang dikunjungi pasangan ini salalu mendapat sambutan hangat warga. “Dan selalu menjadi buah bibir seantero Minsel bahkan Sulut,” sambung Hanny Porajouw sembari menambahkan ini bukti dari apa yang telah di berikan oleh Tetty-Sonny untuk Minsel.(ras/*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s