Tetty Paruntu: Minsel Perlu Menambah Sekolah Kejuruan

Tetty Paruntu: Anak-anak di Minahasa Selatan tidak boleh telantar pendidikan maupun kehidupannya.

Tetty Paruntu: Anak-anak Minsel tidak boleh telantar pendidikan maupun masa depannya.

Wacana pengembangan SDM di Minahasa Selatan melalui sektor pendidikan terus bergulir dan seperti tidak mau surut. Belum lama berselang muncul pertanyaan di fans pageTETTY PARUNTU FOR MINSEL 2010 (SATU PUTARAN)”, apakah untuk meningkatkan kualitas SDM Christiany Eugenia Tetty Paruntu akan memilih mendirikan sebuah perguruan tinggi di Minsel? “Atau, apakah Anda lebih memilih mengundang sebanyak mungkin guru, pembimbing, pelatih, wiraswastawan, dan pakar untuk datang melatih dan meningkatkan SDM rakyat Minsel?” tanya seorang facebooker.

Tetty Paruntu yang memang sangat concern dengan upaya peningkatan SDM Minsel menyambut baik gagasan pendirian perguruan tinggi di Minsel. “Itu adalah satu hal yang sangat baik. Tapi, perlu disadari bahwa membangun suatu universitas memerlukan dana yang sangat besar sebagai penunjang sarana dan prasarana yang berkualitas,” ujar Tetty Paruntu yang dalam pilkada ini maju berpasangan dengan Sonny Frans Tandayu (PANTAS).

Berikutnya, Tetty mencoba bersikap realistis terhadap ide pendirian universitas tersebut dengan mengemukakan beberapa alasan. Selain dana yang dibutuhkan untuk menunjang sarana dan prasarana fisik teramat besar, masalah staf pengajar dan pegawai administrasi di universitas juga bukan perkara mudah. Juga soal ketentuan-ketentuan kurikulum serta berbagai persyaratan sesuai perundang-undangan yang harus dipenuhi.

“Proses pembangunan universitas ini akan memakan waktu melebihi masa jabatan seorang bupati. Pembiayaannya juga sangat besar, bahkan mungkin saja melampaui kemampuan APBD,” komentar putri sulung Prof. Ir. Jopie Paruntu Ph.D., (mantan Rektor Unsrat dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Sulut) tersebut.

Oleh sebab itu, mengingat anggaran daerah masih terbatas, sementara masih banyak persoalan yang mesti dipecahkan, penggunaan anggaran daerah yang masih sangat terbatas pun harus ditetapkan sesuai prioritas. Terkait peningkatan kualitas SDM, Tetty mengaku lebih mengutamakan pembenahan muatan kurikulum, semisal dengan memasukkan mata pelajaran kewirausahaan yang belakangan sangat dibutuhkan untuk menggerakkan sektor riil.

“Sekolah-sekolah menengah kejuruan yang mengajarkan berbagai keterampilan praktis juga perlu ditambah. Lalu, perlu juga digalakkan program-program pelatihan atau diklat-diklat yang sistematik dan berkelanjutan. Yang tentunya tanpa perlu mereduksi pola-pola pendidikan konvensional yang telah terbina. Sebab, pendidikan yang berjenjang dan terstruktur berperan secara signifikan dalam rangka ketahanan mental didik siswa,” jelas Tetty yang alumnus West London College, Inggris, dan IPSDM Mayagita, Jakarta.

Kembali soal universitas, Tetty melihat bahwa di Sulawei Utara sendiri sudah ada universitas negeri, politeknik, dan sejumlah universitas swasta yang cukup baik. Makanya, kalaupun ide pendirian universitas di Minsel itu masih dianggap memungkinkan dalam waktu dekat, menurut Tetty hal itu lebih baik diserahkan kepada pihak swasta dan pemerintah bersifat memfasilitasi. Artinya, pemerintah daerah perlu mempermudah proses pendiriannya dan memberikan dukungan sepenuhnya bila pihak swasta berminat mendirikan universitas di Minsel.

“Dan untuk jangka pendek maupun menengah, pemerintah nantinya akan menyediakan beasiswa atau bantuan pendidikan bagi peserta didik yang berkualitas. Ini berarti memberi kesempatan siswa melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan program ini, diharapkan pengembangan SDM putra-putri Minsel akan berlangsung. Dengan SDM berkualitas, ke depannya Minsel pun bisa menjadi lebih maju dan lebih baik lagi,” pungkas Tetty Paruntu yang berdasar sejumlah survei menempati posisi teratas dan diprediksi bakal menang dalam satu putaran.[]

7 responses to “Tetty Paruntu: Minsel Perlu Menambah Sekolah Kejuruan

  1. saya sependapat dengan anda yg mengatakan untuk mendirikan universitas memang tdk gampang, dimana membutuhkan begitu banyak faktor-faktor pendukung lainnya yang tdk bisa kita abaikan, dari faktor sdm staf dosen,infrastruktur sampai masyarakat di sekitar kampus nantinya.
    Akan tetapi,kalau kita memang punya niat dan tekad yang kuat utk mendirikan universitas,kita pasti bisa!!!!!!!!

  2. Senin, 26 April 2010 , 10:14:00
    Kaum Lansia Solid Dukung Pan-Tas

    AMURANG—Gelombang dukungan politik terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Minsel tampaknya terus mengalir kepada jagoan Partai Golkar, cabup Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan cawabup Sonny Tandayu (Pan-Tas). Bahkan mencangkup berbagai generasi di Kota Dodol, mulai yang muda, dewasa hingga kaum lanjut usia (lansia). Seperti Lansia serta warga di Pakuweru yang jelas-jelas mendukung Pan-Tas. Ini terlihat saat ibadah bersama di GMIM Bethesda Pakuweru baru-baru ini, Tetty langsung dikerumuni kaum lansia yang ada di jemaat GMIM Bethesda Pakuweru.
    Pingkan Watung, warga Pakuweru berterima kasih pada Tetty atas bantuan yang sudah diberikan untuk jemaat. “Inilah pemimpin masa depan Minsel, seorang pengusaha yang rendah hati namun peduli pada masyarakat kecil,” tandasnya.
    Tetty sendiri setelah mengikuti ibadah hanya berkomentar bahwa semua bantuan yang diberikan adalah berkat dari Tuhan yang hanya kebetulan melalui dia. “Jadi sebagai orang Kristen kita harus selalu membagi berkat pada yang memerlukan karena semua itu hanya titipan Tuhan dan kita harus berterima kasih pada Tuhan,” ujarnya.
    Lain lagi dengan lansia Wanga Kecamatan Motoling Timur dalam acara HUT ke 80 Oma Noni yang dihadiri seluruh lansia. Menurut Rence Lumapow Ketua para lansia, figur tetty harus didukung untuk jadi Bupati Minsel. “Karena Ibu Tetty sudah terbukti banyak membantu warga, apalagi berpasangan dengan seorang birokrat handal seperti pak Sonny Tandayu, pasti Minsel akan lebih maju,” tandas Lumapow.
    Tetty Paruntu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena dukungan yang dianggapnya menjadi modal yang kuat untuk maju dan memenangkan Pilbup Minsel nanti. “Keinginan saya untuk memimpin Minsel karena ingin mensejahterakan rakyat. Dan jika diizinkan saya akan membuktikannya,” ungkap wanita cantik itu.(ras)

  3. Kosgoro All Out Menangkan Pan-tas
    Monday, 26 April 2010

    POSKO, MANADO—Dukungan terhadap Christiany Eugenia ‘Tetty’ Paruntu dan Sonny F Tandayu (Pan-tas) terus mengalir. Sebelumnya, Cabup-Cawabup Partai Golkar (PG) for MInsel 2010-2015, didukung sepenuhnya kader beringin termasuk organisasi sayap AMPG.
    Kali ini Kosgoro Minsel tak ingin ketinggalan memberikan dukungan.
    Ketua Kosgoro Minsel Wilem ‘Baba’ Mononimbar, mengatakan, Kosgoro akan all out memenangkan Pan-Tas, sebagai Bupati dan wakil Bupati Minsel 2010-2015. Kosgoro bahkan optimis Pan-Tas akan meraup suara signifikan dalam satu putaran. “Kami sudah memainkan berbagai strategi untuk memenangkan pasangan ini,” ujar Mononimbar.
    Menurutnya pasangan ini sangat menjanjikan untuk mensejahterakan rakyat Minsel. Tetty sebagai pangusaha sukses bersanding dengan birokrat murni dan bersih mampu membawah Minsel kearah lebih baik. Pasangan sebagai birokrat murni dan bersih menjadikan pasangan ini semakin komplit dan Pan-Tas memimpin Minsel.(705/*)

  4. CEP Pukau Ratusan Simpatisan Tareran.

    SUARAMANADO 27/04/2010:Siapa yang tidak mengenal sosok Cristian Euginia ‘Tetty’ Paruntu (CEP), seorang figur calon bupati Minahasa Selatan (Minsel) yang di usung oleh partai Golkar (PG) dalam pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) nanti. Sebab sosok yang lebih akrab di panggil ibu Tety ini, selain cantik, familiar dan akrab dengan siapa saja.

    Bahkan dalam setiap kunjungan ke masyarakat selalu mengundang decak kagum. Itu pula yang terjadi, ketika Senin (26/4), mengadakan tatap muka dengan retusan simpatisan yang ada di kecamatan Tareran yang berlokasi di desa Wuwuk. Kehadiran calon bupati yang di perdiksi banyak kalangan ini, bakal menang dengan satu putaran bersama pasangannya Drs Sonny Tandayu yang juga mantan Kadis Perhubungan dan Asisten I Pemkab Minsel ini, langsung di sambut dengan yel-yel kemenangan oleh ratusan pengurus dan simpatisan yang sudah menunggu di lokasi balai desa Wuwuk.

    Acara temu kader dan pelantikan tim kampanye ini berlangsung penuh keakraban, selain itu dihadiri oleh anggota DPRD Minsel Robby Sangkoy SH, Karel Lakoy, Roly Porong dan pengurus Partai Golkar di kabupaten Minsel lainya.

    Tetty dalam sambutanya, berterima kasih kepada partai Golkar yang telah mengusungnya. “Saya merasa terpanggil untuk membangun Minsel, karena bagi saya ini adalah juga panggilan Tuhan kepada saya. Sebab saya akan menjawab panggilan itu. Untuk itu saya berharap dukungan dan doa dari kita masyarakat Minahasa Selatan demi kesejahtraan bersama,” ujarnya, yang langsung di sambut dengan teriakan “So dia tu bupati jago,” dari seorang ibu di tengah ratusan simpatisan itu.

    Dalam acara tersebut juga telah diadakan pelantikan tim kampanye kecamatan Tareran yang di ketuai Rolly Porong, sedangkan sekretaris di percayakan kepada Yoppy Kondoy dan Berty Senduk sebagai Bendahara.

    Laporan : Yandri Drims Moningka Biro Minsel

  5. Rabu, 28 April 2010 , 10:13:00
    Pan-Tas= Pimpinan Ideal Minsel

    AMURANG—Pasangan yang diusung Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu terus menyerap dukungan. Ini karena masyarakat menilai duet dengan sebutan Pan-Tas ini merupakan pasangan ideal untuk memimpin Minsel ke depan.
    Alasan warga latar belakang keduanya yang merupakan perpaduan pengusaha sukses dan birokrat handal yang berpengalaman menjadi dasar utamanya. “Ini baru kolaborasi tepat, yang satu akan mendatangkan banyak investor luar untuk membuka lapangan pekerjaan di Minsel. Sedangkan yang satunya lagi, fokus mengurus pemerintahan,” terang Ato Kaunang, Ketua PG Kecamatan Tatapaan.
    Terlebih pasangan ini sudah berbuat untuk masyarakat Minsel. Serta mencerminkan perwakilan Minsel dan Minsela. “Ibu Tetty figur handal dari Amurang yang mewakili Minsel, sedangkan pak Sonny Tandayu respresentasi masyarakat Minsela. Jika keduanya yang memimpin maka pembangunan dan program kerja pemerintahan, akan merata di seluruh wilayah Minsel,” sambung Sennie Sengkey, warga Tompaso Baru.
    Tetty Paruntu menegaskan komitmennya membangun Minsel, makin tak terbendung dengan banyaknya dukungan dari masyarakat. “Berarti banyak warga Minsel yang menggantungkan harapannya pada saya dan pak Sonny. Itu harus kami wujudkan dengan meraih kemenangan di Pilkada nanti,” terang wanita cantik itu.(mg-9/ras/*)

  6. Pan-Tas Lebih Unggul – TK PG Tareran dan Tompaso Baru Dikukuhkan
    Wednesday, 28 April 2010

    POSKO, TOMPASO BARU—Selain tim relawan dan tim independent yang dilantik mewakili 156 desa dan kelurahan di Minsel. Kini giliran Partai Golkar (PG) Minsel melakukan manuver untuk memenangkan Cristian Euginia ‘Tetty’ Paruntu dan Sonny F Tandayu (Pan-Tas) sebagai Cabup dan Cawabup Minsel 2010-2015 tim kampanye.

    Senin (26/4), Ketua DPD II PG Minsel Jenny Tumbuan, SE yang juga pimpinan DPRD Minsel melantik ketua Tim Kampanye (TK) Kecamatan Tareran Rolly Porong bersama anggota.
    Pelantikan yang dipusatkan di Desa Wuwuk itu dihadiri langsung Cabup-Cawabup Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu. Kehadiran pasangan Pan-Tas, disambut antusias ribuan kader dan simpatisan di kecamatan Tareran.
    Sementara itu di Tompaso Baru, kedatangan Pan-Tas langsung disambut yel-yel kemenangan ratusan pengurus dan simpatisan yang sudah menunggu di kecamatan Tompaso Baru.
    “Kami siap mengamankan dan memenangkan Pan-tas sebagai Bupati dan wakil Bupati Minsel 2010-2015,” ujar Jan Mongkareng, TK Kecamatan Kumelembuay dan Rolly Porong ketua TK Kecamatan Tareran.
    Tetty, pengusaha sukses dan politisi muda ini, menyampaikan terima kasih kepada PG yang telah mempercayakan dirinya dan Sonny Tandayu sebagai Cabup-Cawabup Minsel.
    “Sebagai putra-putri daerah merasa terpanggil untuk membangun Minsel, ini juga sebagai panggilan Tuhan untuk mengabdi,” ujarnya semabil berharap dukungan dan doa dari masyarakat Minsel demi kesejahtraan bersama.(705/*)

  7. Sabtu, 01 Mei 2010 , 10:44:00
    Pan-Tas Pemimpin: Banyak Investor ke Minsel

    AMURANG-Langkah pasangan Cabup dan Cawabup Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas) semakin mantap. Berbagai dukungan dari sejumlah elemen masyarakat terus mengalir untuk pasangan ini.
    Latar belakang seorang pengusaha yang dimiliki oleh Tetty, sapaan akrab dari Christiany Eugenia Paruntu ternyata mempunyai nilai Plus di mata masyarakat Minsel. Seperti diungkapkan Maikel dan Happy warga Desa Tondey kecamatan Motoling Barat yang mengharapkan pasangan ini nantinya yang akan menjadi pemimpin Minsel ke depan. “Untuk menjadi Bupati Minsel memang harus seorang pengusaha, agar Minsel bisa maju dengan mendatangkan investor yang banyak,” ujar Maikel.
    Tambahnya lagi, dengan adanya investor dari luar yang mau invest di sini maka otomatis lapangan pekerjaan akan makin banyak dan terbuka untuk masyarakat Minsel. Hal itu jelas sangat baik untuk mengurangi angka pengangguran di kabupaten yang sedang berkembang itu.
    Tetty sendiri yang ditemui usai Pelantikan Tim Kampanye dan Tim kerja Independen PG untuk Pan-Tas beberapa waktu lalu, mengungkapkan kalau untuk hal itu masyarakat tidak perlu khawatir. “Banyak rekan–rekan pengusaha yang mau berinvestasi di Minsel,” aku Tetty.(mg-09/ras)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s