Tetty Paruntu: Pariwisata Minsel Bisa Seperti Lourdes dan Thailand!

Tetty Paruntu: Come and visit the best place for agriculture tourism Modoinding, South of Minahasa, North Celebes, Indonesia. There is also a nice beautiful lake.... It is a place for you to come.

Sejak awal terpikir mencalonkan diri sebagai bupati, Christiany Eugenia Tetty Paruntu sudah menyadari, bahwa pariwisata seharusnya menjadi sektor andalan bagi percepatan pembangunan di Minahasa Selatan (Minsel). Seharusnya pula, sektor pariwisata ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi, transformasi masyarakat, dan tentu saja kemajuan masyarakat Minsel secara keseluruhan. Sayangnya, faktor pengelolaan dan promosi wisata Minsel belum menunjukkan hasil yang optimal.

“Sebagai pengusaha, saya melihat pariwisata Minsel itu bak mutiara dalam lumpur. Kita punya potensi agrowisata di Modoinding, wisata religi Bukit Doa di Pinaling, wisata tebing Batu Dinding dan wisata bahari di Amurang, dan wisata air terjun Popontolen di Tumpaan. Kita juga punya wisata sejarah Benteng Portugis, wisata budaya seperti Musik Bambu dan Kolintang, atau wisata kuliner yang begitu kaya. Itu semua bisa menjadi sektor andalan dan unggulan kalau dikelola secara terintegrasi dan sistematis,” komentar Tetty Paruntu yang maju di pilkada berpasangan dengan Sonny Frans Tandayu (PANTAS).

Selain soal potensi loksasi-lokasi wisata yang menjanjikan tersebut, Tetty Paruntu juga merujuk pada posisi geografis Minsel yang sangat strategis karena berada di jalur lintas darat Trans-Sulawesi. Sejalan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Sulut yang di atas rata-rata pertumbuhan nasional (8,5%), jalur lintas darat Trans-Sulawesi ini semestinya juga memberikan benefit tersendiri bagi pariwisata Minsel. Minsel menjadi tempat persinggahan modal, barang, jasa, perdagangan, termasuk pariwisata yang prospektif. Memang disadari, posisi strategis itu masih harus ditopang dengan berbagai faktor penunjang agar akselerasi pembangunan pariwisata Minsel dapat melaju sesuai harapan.

Melihat begitu kayanya potensi wisata di Minsel, Tetty mengaku sangat terinspirasi pada kemajuan dan keberhasilan pariwisata agribisnis di Thailand serta wisata religi di Lourdes, Perancis. Thailand berhasil dengan wisata agribisnis karena pengelolaan wisatanya yang sangat terintegrasi dan sistematis. Keunggulan produk-produk pertanian dan perkebunan asal Thailand terkenal di seantero Asia, bahkan dunia. Sementara, pengelolaan wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner juga sangat maju. Pemerintah Thailand dan masyarakatnya sangat sadar akan potensi wisata tersebut sehingga mereka mampu bahu-membahu membangun perekonomian berbasiskan potensi wisata.

Sementara, Kota Lourdes adalah sebuah tempat suci yang terletak di pegunungan Pyrenees, Perancis, tempat berziarah umat kristiani dari seluruh penjuru dunia. Lourdes merupakan lokasi tujuan wisata religi yang berhasil memadukan faktor arsitektur, sejarah, tradisi, dan legenda sekaligus dalam satu kemasan. Di kota ini bangunan-bangunan indah, megah, dan bersejarah menjadi daya tarik yang tiada habisnya bagi kedatangan para wisatawan. Tak heran bila setiap tahunnya, lima hingga enam juta orang dari berbagai bangsa dan negara datang berwisata, berziarah, dan berdoa di sana.

“Mimpi saya, paling tidak wisata di Minsel bisa berkembang pesat seperti agriculture tourism di Thailand. Sedang wisata religinya saya ingin Minsel bisa seperti Lourdes. Dalam konsep saya, semua potensi wisata di Minsel, baik itu wisata alam, budaya, bahari, agribisnis, religi, semuanya akan di-combine menjadi intergated tourism. Dan, kita akan lakukan promosi-promosi pariwisata yang lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan berbagai sarana teknologi maju yang ada,” jelas Tetty Paruntu, sembari menyatakan tim suksesnya telah mengembangkan konsep-konsep percepatan pembangunan pariwisata Minsel.[]

7 responses to “Tetty Paruntu: Pariwisata Minsel Bisa Seperti Lourdes dan Thailand!

  1. CEP Banjir Dukungan
    Manado Post, Selasa, 13 April 2010 , 09:53:00

    AMURANG—Jelang pergelaran Pilkada Minsel 3 Agustus nanti, calon bupati Minsel dari Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu semakin berkibar. Pasalnya arus dukungan pada wanita cantik yang akan ditandemkan dengan calon wakil bupati Sonny Tandayu it uterus banjir dukungan.
    Keteladanan seorang pengusaha sukses ini mendapat acungan jempol pendukung dan simpatisannya. “Namanya pertarungan, tentunya kami tetap setia mendukung ibu Tetty Paruntu di Pilkada Minsel nanti,” ungkap Peggy Ampow, warga kecamatan Amurang Barat.
    Karena menurut warga sosok pemimpin Minsel, harus mapan dalam organisasi, financial, birokrasi dan agama. Dan kriteria tersebut ada pada pasangan Pantas (Paruntu-Tandayu). “Kalau orang mapan dari segi finansial, pikiran untuk melakukan korupsi tidak ada, yang ada hanya ingin membangun masyarakat Minsel lebih baik. Dari segi birokrasi itu juga sudah ada, jadi layak kalau pasangan Pan-Tas jadi pemimpin Minsel,” harap pendukung mania Pan-Tas.(vif/ras)

  2. Pan-tas Akhirnya Pasang Baliho
    Wednesday, 14 April 2010

    POSKO, AMURANG — Sebelumnya hanya Christiany Eugenia “Tetty” Paruntu sebagai calon Bupati Minsel diusung Partai Golkar (PG) yang pasang Baliho. Akhirnya CAlon WAkil Bupati yang diusung PG, Sonny F Tandayu mulai pasang Baliho.

    Kali ini baliho bukan lagi masing-masing figur yang dipajang, namun baliho yang dipajang di sejumlah tempat strategis di 156 desa dan kelurahan dan 17 kecamatan di Minsel sudah komplit. Dengan kata lain sudah sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. “Akhirnya Baliho pasangan Pan-tas dipasang,” ujar M Lumenta pendukung Pan-tas. Lumenta menambahkan sebelum resmi diusung sebagai calon wakil Bupati Minsel dari Partai Golkar, Sonny F Tandayu belum perna memasang baliho. Dan baru kali ini Tandayu ada gambar di baliho. Padahal bakal calon lain yang belum tentu diusung dari jauh hari sudah memsang baliho. Lumenta mengatakan, sebagai pendukung Pan-tas merasa lega setelah baliho pasangan faforitnya dipajang disegala penjuru. “KAmi sangat optimis Pan-tas menang dalam satu putaran, apalagi sosialisasi pasangan ini terus dioptimalkan,” ujarnya.(705/*)

  3. Petani Minsel Dukung Pantas
    Wednesday, 07 April 2010

    POSKO, AMURANG — Pasangan calon bupati dan wakil bupati Partai Golkar, Christiani Eugenia “Tetty” Paruntu dan Sonny Frans Tandayu (Pan-tas) dinilai mampu memperjuangkan nasib para petani Minsel. Makanya tidak sedikit petani yang siap untuk memenangkan Pan-tas sebagai Bupati dan wakil bupati Minsel 2010-2015.

    Bonny Pongantung, tokoh masyarakat sekaligus petani cengkih dan kelapa asal Minsel, mengatakan mereka sangat optimis jika pasangan yang diusung partai golkar mampu untuk memperjuangkan nasib petani cengkih dan petani kelapa. “Tetty paruntu sebagai pengusaha memiliki akses untuk membuka peluang pasar hasil pertanian dari Minsel ke luar daerah bahkan keluar negeri,” ujarnya. Makanya sebagai petani Minsel tidak ragu-ragu lagi untuk memenangkan Pan-tas sebagai Bupati dan wakil bupati Minsel.
    Bukan itu saja Tetty dan Sonny tandayu sebagai pasangan yang sudah mapan dalam segala hal. Dan yang paling penmtinmg kedua terkenal sebagai figure yang takut akan Tuhan.(705/*)

  4. ManadoPost, Kamis, 15 April 2010 , 09:47:00
    Pan-Tas Rapatkan Barisan Tetty Lantik 50 Tim Kerja Independen

    AMURANG—Menduduki rating teratas untuk merebut top eksekutif Minsel 2010-2015, namun duet usungan Partai Golkar (PG) Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu tetap serius berjuang. Duet dengan sebutan Pan-Tas (Paruntu-Tandayu) terus merapatkan barisan.
    Seperti pada Rabu kemarin, Tetty Paruntu—panggilan khas Christiany Eugenia Paruntu melantik 50 tim kerja independen se Amurang Raya di Gedung Carity Kecamatan Pondang. Pelantikan ini tak lepas dari desakan masyarakat yang menginginkan pasangan Tetty-Sonny menang di Pilkada 3 Agustus nanti.
    Dalam sambutannya Drs Viktor Rompas mengatakan pasangan Tetty-Sonny mendapat dukungan penuh dari DPD PG dibawah komando Stefanus Vreeke Runtu (SVR) dan DPP PG yang dipimpin Aburizal Bakrie. “Sejak awal Golkar adalah partai yang mengacu dari keinginan realistis masyarakat, dengan berdasarkan hasil survey. Sudah pasti Tetty-Sonny adalah pemenang survey di Minsel,” tandas Rompas.
    Sedangkan usai pelantikan Tetty mengucapkanterima kasih kepada Tuhan dan kepada seluruh tim kerja independen yang sudah dilantik. “Saya harap secara bersama-sama dapat bekerjasama untuk mewujudkan cita-cita masyarakat untuk membangun Minsel lebih baik ke depan,” ungkap wanita cantik itu.
    Salah satu tim kerja independen Teddy Ruasei yang juga sebagai tokoh masyarakat Amurang mengungkapkan sebelum pelantikan kami sudah intens mensolisasikan program-program dari Pan-Tas untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati ke depan. “Untuk itu kami sangat siap memenangkan pasangan ini,” tandasnya.
    Pada pelantikan ini turut hadir orang tua tercinta yang juga petinggi PG Minsel, Prof Joppie Paruntu dan istri tercinta Ninie Paruntu, cawabup pendamping Tetty, Sonny Tandayu bersama Robby Singkoy, Rolly Porong, Karel Lakoy, Yoppy Mongkareng dan seluruh ketua PK PG Minsel.(06/ras)

  5. Jum’at, 16 April 2010 , 09:46:00
    Legislator Beringin “Bulat” Mendukung: Tetty-Sonny Pasangan Paripurna

    AMURANG—Pasangan cabup-cawabup dari Partai Golkar, Christiany Eugenia Paruntu (Tetty), dan Sonny Tandayu yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Selatan (Minsel) makin berkibar dengan dukungan yang makin mengalir deras. Partai Golkar kian solid memberikan dukungan all out pada pasangan dengan sebutan Pan-Tas itu. Tak tanggung-tanggung seluruh anggota dewan dari Partai Golkar (PG) Minsel menyatakan dukungannya.
    Anggota dewan dari fraksi beringin ini adalah, Hendrik Walean, Karel Lakoy, Yoppi Wongkaren, J J Paruntu, Roby Sangkoy dan Rolly Porong menyatakan kesiapan mereka menjadikan Tetty-Sonny pemimpin Minsel lima tahun ke depan. Hal ini terkuak saat pelantikan 500 tim kerja independen di Golden Carity Pondang, Rabu (14/4) lalu. Roby Sangkoy mengatakan hasil keputusan partai yakni harus menjadi terdepan. “Kami bahu-membahu menyukseskan dan memenangkan pasangan ini, guna menjadikan PG tetap terdepan,’’ kata Sangkoy.
    Senada disampaikan Hendrik Walean dari Modoinding. Menurutnya, duet pengusaha dan birokrat adalah pasangan paling paripurna. “Sebagai pengusaha Tetty diyakini bisa mendatangkan investor ke Minsel sehingga lapangan kerja menjadi luas,’’ tuturnya.
    Sementara, di tempat yang sama ketua-ketua PG se-Minsel berjanji serta optimis bisa memenangkan pasangan Tetty-Sonny.(cw04/ras)

  6. Tim Independent Pan-tas Terus Bertambah
    Friday, 16 April 2010

    POSKO, AMURANG – Setelah dilantiknya tim Independent untuk pemenangan Bupati dfan wakil Bupati Minsel, Christiany Eugenia “Tetty” Paruntu dan Sonny F Tandayu (Pan-tas) pada Rabu (14/4). Dukungan dan tawaran untuk bergabung dengan tim independent ini terus berdatangan.

    John Sorongan, sebagai tim Golkar mengatakan, untuk optimalnya pelayanan kepada anggota dan masyarakat yang ingin bergabung dengan Tim Golkar dan Tim Independen, sudah ada pembagian untuk tim khusus menangani tim independen dan tim internal PG. “ini untk mempermuda koordinasi,” ujar Sorongan. Ditambahkan sejak dilaksanakan pelantikan tim independen di wilayah Amurang.
    Masih banyak warga yang berdatangan untuk bergabung, pada dasarnya mereka didorong dengan keinginan yang kuat untuk memenangkan Pan-tas sebagai bupati dan wakil bupati Minsel. “kami siap memenangkan Pantas sebagai bupati dan wakil bupati Minsel 2010-2015 dengan satu putaran,” ujar Demsi Tarek salah satu anggota tim independet.
    Sementara itu Tetty Paruntu menyampaikan terima kasih banyak atas semua team kerja Independent Pantas, se-wilayah Amurang Raya dan sekitarnya yang telah dilantik. “Selamat bekerja dan menangkan Pantas satu putaran. Tuhan memberkati,” tandasnya.(705/*)

  7. Tandayu Respresentasi Minsela, Tetty Jaminan Datangkan Investor
    Manado Post, Sabtu, 17 April 2010 , 10:05:00

    AMURANG—Walaupun gelombang dukungan politik terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Minsel tampaknya terus mengalir kepada jagoan Partai Golkar, cabup Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan cawabup Sonny Tandayu (Pan-Tas). Namun tak membuat pasangan ini jumawa, justru sosialisasi serta sharing untuk menyerap keinginan warga terus dilakukan.
    Salah satu yang didapat adalah keinginan masyarakat untuk terus membuka lapangan pekerjaan di Minsel. “Bicara lapangan pekerjaan pasti kehadiran Ibu Tetty dapat menjadi solusi, karena sebagai pengusaha sukses dengan level nasional tentu banyak relasi bisnisnya. Dengan Ibu Tetty menjadi bupati akan membuka pintu bagi para pengusaha top luar untuk berinvestasi di Minsel,” terang Flora Lumowa, warga Modoinding.
    Ini makin klop karena pasangannya seorang birokrat handal dan berpengalaman. Serta merupakan respresentasi warga Minahasa Selatan Atas (Minsela). “Ini perpaduan yang pas karena jika Pan-Tas yang memimpin maka pemerataan pembangunan dan program-program pemerintah akan terjadi, karena pak Sonny Tandayu tak ingin tanah kelahirannya dianaktirikan, otomatis dirinya akan berjuang untuk Minsela,” sambung Lumowa lagi.
    Tetty Paruntu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena dukungan yang dianggapnya menjadi modal yang kuat untuk maju dan memenangkan Pilbup Minsel nanti. “Keinginan saya untuk memimpin Minsel karena ingin mensejahterakan rakyat. Dan jika diizinkan saya akan membuktikannya,” ungkap wanita cantik itu.(ras)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s