Tetty Paruntu: Kami Siap Menang Satu Putaran!

Christiany Eugenia Tetty Paruntu dan Sonny Frans Tandayu (PANTAS) siap dan yakin menang dalam satu putaran.

Tahapan pilkada di Minahasa Selatan segera dimulai akhir Maret 2010 ini. Tahapan dimulai dengan pemutakhiran data calon pemilih, verivikasi dukungan calon perorangan, pendaftaran dan penetapan pasangan calon, kampanye, masa tenang, hingga hari pelaksanaan pilkada tanggal 3 Agustus 2010.  Bagaimana kesiapan Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu (PANTAS) yang diusung Partai Golkar? “Saya dan tim sukses sudah teramat sangat siap untuk mengikuti semua tahapan tersebut,” demikian ungkap Christiany Eugenia Tetty Paruntu di fans pageTetty Paruntu for Minsel 2010-Satu Putaran”.

“Awal April ini PANTAS akan kembali menghangatkan Minsel dengan berbagai atribut yang sudah kami siapkan,” kata Tetty Paruntu. Menurut pemilik CEP Group dan Partim Group ini, segala kebutuhan logistik dan pendanaan maupun tim-tim pelaksana lapangan sudah disiapkan dengan sangat rapi dan terencana oleh tim sukses gabungan (independen dan Partai Golkar). “Saya dan Pak Sonny akan turun kembali ke lapangan. Kami akan lakukan yang terbaik untuk kemenangan ini. Kami siap dan yakin menang satu putaran!” tegas putri sulung Prof. Ir. Jopie Paruntu Ph.D. (mantan Rektor Unsrat) ini.

Sumber-sumber terdekat di lingkaran Tetty Paruntu menyatakan bahwa PANTAS semakin mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Menurut sumber yang namanya tidak mau dikorankan ini, sejumlah organisasi mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), paguyuban, kelompok tani, kelompok nelayan, ormas kepemudaan, kelompok pengusaha, hingga tokoh-tokoh agama telah menyatakan dukungannya kepada Tetty Paruntu. Bahkan, sejumlah petinggi partai yang mendapatkan kursi di Dewan Kabupaten Minahasa Selatan, terus melakukan pendekatan untuk memberikan dukungan penuh kepada PANTAS.

“Mereka semua akan segera menyatakan dukungannya secara terbuka. Tunggu saja kejutan-kejutan kami saat deklarasi PANTAS dalam waktu dekat ini,” jelas si sumber. Sumber ini juga menggambarkan, “Kalau soft launching’ kami di KKR akbar kemarin saja dipenuhi oleh lebih dari 5.000 orang. Bayangkan saja meriahnya kalau kami deklarasi atau  ‘grand launching’ nanti. Pasti mengejutkan Minsel!”

Tim sukses Tetty Paruntu memang didominasi anak-anak muda yang cerdas, kreatif, berdedikasi tinggi, serta mampu bergerak cepat. Sejak awal mereka sudah berhasil membentuk tim-tim penggerak di desa-desa dan telah bekerja sangat cepat dan efektif dalam menyosialisasikan Tetty Paruntu. Tak urung tim-tim penggerak yang cekatan dan militan ini ternyata juga menjadi incaran kubu lawan dengan berbagai iming-iming. “Beberapa anggota kami dibujuk untuk ‘menyeberang’ dengan iming-iming uang atau fasilitas kendaraan. Kami sudah antisipasi semuanya dan bisa menetralisir dengan cepat,” jelas salah seorang anggota tim sukses Tetty Paruntu.

Popularitas Tetty Paruntu memang terus menggelinding karena keberhasilannya melakukan sosialisasi dan menerapkan strategi-strategi cerdas untuk merebut hati warga Minsel. Seorang pengusaha dari Manado belum lama ini mengadakan perjalanan ke Minsel dan mengakui popularitas Tetty Paruntu. “Ramai sekali baliho Tetty, cantik-cantik memesona. Pas saya tanya dokter di sana siapa yang kuat, dijawab Tetty. Tanya pekerja-pekerja saya di sana, jawabnya Tetty juga. Tetty memang di atas calon-calon lainnya dan punya nama di Minsel. Makanya, saya yakin dia pasti menang satu putaran!” ujar pengusaha yang tidak mau disebutkan namanya ini.[]

7 responses to “Tetty Paruntu: Kami Siap Menang Satu Putaran!

  1. TS Pan-Tas Yakin 1 Putaran
    Selasa, 23 Maret 2010 , 10:07:00

    AMURANG—Tim Sukses (TS) juga mantapkan kekuatan. Setidaknya, TS calon bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu berpasangan dengan calon Wakil Bupati Drs Sonny Tandayu, tak henti-hentinya memasang strategi. “Upaya kami pertarungan Pilkada Minsel cuma satu putaran,” ujar TS kecamatan Motoling Eva Telew.

    Katanya yang juga merupakan kader partai berlambang Pohon Beringin itu menyatakan, tak mau kalau calon yang diusung tidak menang. Makanya tekad satu putaran Pilkada Minsel menjadi acuan tim untuk bergerak lebih cepat. Paling tidak strategi demi strategi harus terus dimatangkan. “Namanya tim yang solid harus punya prinsip menang,” tuturnya lagi.

    Tak hanya itu saja, nekatnya TS Tetty Paruntu, panggilan akrab Eugenia Paruntu, menyatakan Pilkada Minsel satu putaran, karena meyakini program yang ditawarkan pada masyarakat sesuai dengan keinginan warga.

    “Apalagi program pendidikan dan kesejahteraan petani. Itu sangat bermanfaat, dan warga sendiri sudah banyak yang mengakuinya,” tuturnya, yang senada juga dengan tim sukses yang ada di kecamatan Amurang, Firke Tumbelaka.(vif/ras)

  2. Dinilai Menang Satu Putaran, Tetty-Tandayu Resmi Diusung Golkar
    Harian KOMENTAR – 05 Maret 2010 – Kolom ke-3

    Amurang, KOMENTAR – Akhirnya ‘pinangan’ Drs Sonny F. Tandayu kepada Christiany Tetty Paruntu atau akrab disapa Tetty diterima secara resmi dan direstui oleh DPP Partai Golkar. Hal ini tertuang dalam Surat Kepu-tusan (SK) DPP bernomor R-100/GOLKAR/II/2010 yang ditandatangani langsung Ketua Umum Aburizal Bakrie dan Sekjen.

    Dikonfirmasi, Tetty mengakui bahwa Tandayu memang sudah resmi menjadi pasangan dalam suksesi pilkada mendatang. “Iya, saya sudah punya pasangan resmi yakni Pak Tandayu,” ujar Tetty via handphone kemarin.

    Hal yang sama diakui Tandayu. Dirinya mengaku siap bertarung dalam suksesi pilkada dan optimis bakal menang. “Iya, saya sudah kantongi SK penetapan dari DPP partai Golkar yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen yang menetapkan Ibu Tetty dan saya menjadi pasangan bakal calon Bupati dari Golkar. Saya nyatakan sudah sangat siap untuk ikut suksesi pilkada,” ujar Tandayu.

    Dengan diusungnya pasangan ini dari Partai Golkar, dinilai sebagai pasangan paripurna dan sangat komplet. Bahkan pasangan Tetty-Tandayu diprediksi bakal menang satu putaran.

    “Pasangan ini sangat pas dan pantas. Pasangan yang komplet dengan perwakilan Utara-Selatan, pengusaha/poltisi-birokrat. Selain itu dua sosok ini memiliki program yang sangat jelas dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Keduanya dinilai akan membangun Minsel dengan cepat dan tepat. Ini adalah pasangan paripurna,” kata Wakil Ketua PG Minsel Drs Robby Sangkoy.(mon)

  3. Kader PDIP: Golkar Paling Siap Menang
    BeritaManado.com, Rabu 17 Maret 2010, 12:05

    MANADO – Hingga kini PDI-Perjuangan belum menetapkan siapa jagonya di pemilukada kabupaten dan kota se-Sulut. Kader dan simpatisan merasa PDI-Perjuangan kalah langkah dibandingkan Partai Golkar (PG) yang lebih dulu memparipurnakan pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di pemilukada kabupaten dan kota se Sulut.

    “Partai Golkar lebih siap, mereka sangat berpeluang menang karena calon mereka gencar melakukan konsolidasi partai dan sosialisasi kepada masyarakat sementara kita belum melakukan apa-apa,” tegas Sekretaris Ranting Perkamil Leon Onibala dan beberapa kader PDI-Perjuangan kepada beritamanado, Rabu (17/03) siang.

    Menurut mereka, PDI-Perjuangan harus banyak belajar dari PG dalam hal mekanisme mengusung calon karena mekanisme penjaringan yang dilakukan PDI-Perjuangan tidak lagi sesuai aturan, “kenapa pakai pendaftaran sementara yang tidak mendaftar tiba-tiba mencuat sebagai calon, lihat Golkar! mereka memberi kesempatan figur dimasing-masing daerah disurvey beberapa kali, siapa unggul maka dia yang diusung, metode ini efektif dan lebih mencerminkan aspirasi masyarakat, sehingga benar yang dikatakan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri yang merasa heran PDI-perjuangan sulit menang di Sulut,” sambung Onibala diiyakan sesama kader lainnya.

    Kader berharap pihak DPC dan DPD bijaksana merekomendasikan nama-nama calon kepala daerah kepada DPP PDI-Perjuangan. Walaupun keputusan akhir ada ditangan DPP namun pengurus di daerah lebih tahu kualitas calon yang akan diusung.

    Diketahui selama lima tahun terakhir PG menguasai Pemilukada di Sulut. PG menang di Kabupaten Talaut, Kabupaten Sangihe, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolmong, Kota Tomohon dan Kota Manado. Sementara PDI-Perjuangan menang di Pemilukada Sulut, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Sitaro dan Kabupaten Sangihe yang berkoalisi dengan Partai Golkar. (JRY)

  4. Kosgoro 57 Minsel Siap Menangkan Pan-tas
    Harian Posko Manado, Wednesday, 17 March 2010

    POSKO, AMURANG – Kosgoro 57 Minsel optimis Pemilukada 2010 akan dimenangkan pasangan calon Bupati san wakil bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandayu (Pan-Tas). Hal ini dikatakan ketua Kosgoro 57 Minsel, Wilem Baba Moninimbar.

    Menurutnya Kosgoro 57 Minsel optimis akan kemenangan Pantas dalam Pemilukada, selain mendukung Pan-tas dan akan berada di garis terdepan untuk mengawal Pan-tas menuju kursi bupati dan wakil bupati Minsel 2010-2015. Menurutnya Pan-tas sangat layak menahkodai Minsel kedepan, Tetty Paruntu merupakan srikandi yang memiliki sikap keibuan untuk mengayomi rakyat minsel. Dan sosok gatot kaca si pemberani untuk memperjuangkan hak-hak rakyat yang dimiliki Sonny F Tandayu, pantas untuk memimpin Minsel dan membuat perubahan-perubahan di semua sektor pembangunan. (705/*)

  5. Survey FPC Paruntu Teratas
    Kamis, 08 April 2010 , 10:01:00

    AMURANG—Calon Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu yang diusung Partai Golkar (PG) Minsel, mulai bersinar. Wanita yang dipasangkan dengan calon Wakil Bupati Drs Sonny Tandayu ini menempati tempat teratas di survey Foundation Public Care (FPC)
    Seperti halnya yang disampaikan tim sukses Paruntu kepada koran ini, sesuai dengan hasil FPC dalam program survey dan observasi dengan tema ‘menjaring pemimpin rakyat yang merakyat,” hasilnya Paruntu pole position.

    Hasil survey FPC, kali ini menempatkan popularitas Tetty Paruntu, panggilan akrab Christiany Eugenia Paruntu (CEP) teratas dari dua puluh kandidat. Pencapaian dukungannya pun, terbilang luar biasa, karena dari 3120 orang atau 100% responden yang tersebar di 17 kecamatan dan 156 desa dan kelurahan dipilih 796 orang atau 25.5% responden.

    Jagoan PDIP Farry Freyke Liwe mengancam diperingkat ke dua dengan dipilih 521 orang atau 16.7%. Sedangkan posisi tiga, Ventje Tuela dipilih 381 orang 12.2%.
    Menurut Vice President FPC DR Ir Afendy Andy Nugroho S.Kom MSi didampingi Koordinator tim survey dan observasi Pilkada wilayah Sulut Stanly F Mewengkang serta Koordinator Cabang Minsel Jeffrey Ch Tumbel, pelaksanaan survey dilakukan sejak 5 Maret yang lalu dan sudah berakhir Senin (5/4) lalu. Responden yang diambil mulai dari buruh, tani, pedagang pasar, pedagang kaki lima yang bermangkal di terminal-terminal, ibu-ibu rumah tangga, tukang ojek, sopir, siswa, mahasiswa sampai pada karyawan swasta. Dengan sistem yang digunakan selain menerapkan teknik multistage random sampling juga menggunakan metode terbuka. Yaitu tim survey hanya menyodorkan pertanyaan ringan tanpa mencantumkan nama calon yang harus dipilih.(vif/ras)

  6. Survey FPC : Christiany Paruntu Teratas Pemilukada Minsel Bakal Satu Putaran

    BeritaManado.com, 8 April 2010, pkl. 08.08.

    Minsel – Lembaga Pengolahan Data Informasi dan Komunikasi yang Independen, Foundation Public Care (FPC), pada Senin (05/04) kemarin, telah mengakhiri tahap ketiga kategori ”Performance Forces”, Program Survey dan Observasi “Menjaring Pemimpin Rakyat Yang Merakyat” di Kabupaten Minahasa Selatan.

    “Kami telah melakukan survey dan observasi, sejak 5 Maret sampai dengan 5 April 2010, kepada penduduk asli Minsel yang rata-rata berusia 18 hingga 50 tahun. Para responden, diantaranya berprofesi Buruh/Tani, Pedagang Pasar/Kaki Lima di terminal-terminal, Ibu-ibu Rumah Tangga, Tukang Ojek, Sopir, Siswa/Mahasiswa dan Karyawan Swasta”, demikian disampaikan Vice President FPC, DR. Ir. Afendy Andy Nugroho, S.Kom,MSi, bersama Koordinator Tim Survey dan Observasi PEMILUKADA Wilayah Sulut, Stanly F. Mewengkang dan Koordinator Cabang Minsel, Jeffrey Ch. Tumbel.

    Selain menerapkan Teknik Multistage Random Sampling, kami juga menggunakan Metode Terbuka, caranya hanya menyodorkan pertanyaan ringan secara sederhana,
    tanpa mencantumkan nama calon yang harus dipilih. Sehingga, sama sekali tidak mengarahkan pada calon tertentu. Dan setiap responden diberikan kesempatan untuk menentukan pilihannya sendiri, demikian dijelaskan Vice President FPC, DR. Ir. Afendy Andy Nugroho, S.Kom,MSi.

    Hasil survey FPC, kali ini menempatkan Popularitas Christiany Eugenia Paruntu (CEP) teratas dari dua puluh kandidat. Pencapaian dukungannya pun, terbilang luar biasa, karena dari 3120 orang atau 100% responden yang tersebar di 17 Kecamatan dan 156 desa/kelurahan di Minsel, Tetty Paruntu sapaan akrab Calon Bupati ini dipilih oleh 796 orang atau 25.5% responden. Sedangkan diurutan kedua, Farry Freyke Liwe dipilih oleh 521 orang (16.7%). Posisi ketiga, Ventje Tuela dipilih oleh 381 orang (12.2%). Urutan keempat, Asiano Gammy Kawatu dipilih oleh 278 orang (8.9%).

    Diurutan kelima, Jantje Wauran dipilih oleh 206 orang (6.6%). Urutan keenam, Hendrik D. Waworuntu dipilih 134 orang (4.3%). Urutan ketujuh, Ricky S. Tumanduk dipilih oleh 122 orang (3.9%).

    Urutan kedelapan, Jan Lukas Lambertus Lombok dipilih oleh 100 orang (3.2%). Urutan kesembilan, Andry Harrits Umboh dipilih oleh 87 orang (2.8%). Urutan kesepuluh, Vicky Tanor dipilih oleh 81 orang (2.6%). Urutan kesebelas hingga keduapuluh, selengkapnya dapat dilihat dalam tabel survey.

    Sebelumnya, seperti yang pernah dipublikasikan media cetak beberapa waktu lalu, survey FPC tahap pertama medio Desember 2010 lalu , Paruntu hanya menempati urutan keempat, sedangkan tahap kedua medio Januari hingga Februari 2010, telah menembus posisi pertama dan popularitasnya terus naik mencapai 18.6% pilihan responden. Pada tahap ketiga kali ini, popularitasnya terus meningkat ketambahan 6.9% menjadi 25.5 % pilihan responden. Fakta ini, terus menguatkan pencitraan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) sebagai Calon Bupati yang telah ditetapkan berpasangan dengan Sonny Frans Tandayu (SFT) sebagai Calon Wakil Bupati Minsel.

    ”Berulangkali harus kami sampaikan, hasil Survey FPC ini, bukan final tentang calon populer yang dipastikan menang dalam pertarungan Pemilukada Minsel, namun dari survey lapangan telah membuktikan bahwa dukungan terhadap calon-calon tersebut, dapat diukur dari pencitraannya yang baik, dikenal bersih tanpa celah, kharisma yang menonjol lewat karakter, dan bertipikal yang dianggap mampu, serta berkualitas dan kapabilitas untuk menjadi Pemimpin, yang bukan sekedar memimpin melainkan mampu mengayomi serta memberi teladan”, demikian ditegaskan Koordinator Tim Survey dan Observasi PEMILUKADA Wilayah Sulut, Stanly F.
    Mewengkang.

    Menurut Vice President FPC, DR. Ir. Afendy Andy Nugroho, S.Kom,MSi, “Berpijak dari fakta survey di lapangan, kami memprediksikan Pemilukada Minsel bakal satu putaran. Karena, jika peserta yang ikut bertarung hanya berjumlah lima pasangan, dengan demikian dukungan masyarakat akan lebih terarah pada calon yang popularitasnya menempati urutan teratas sesuai hasil survey. Estimasi hitungan kami, dari perolehan dukungan responden berdasarkan hasil survey, khusus calon yang menempati urutan teratas, bakal memperoleh ketambahan 15% dukungan masyarakat. Tapi tentu saja, untuk meraih kemenangan dalam Pemilukada tersebut, semua harus didukung dengan sikap dari Calon Bupati dan Wakil Bupati itu sendiri, dalam menerapkan strategi kampanye dan program sosialisasinya.

    HASIL SURVEY DAN OBSERVASI “PEMIMPIN PILIHAN RAKYAT”
    DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN
    ( 5 MARET – 5 APRIL 2010 )

    NO.
    URUT NAMA FIGUR CALON WALIOTA JUMLAH RESPONDEN PRESENTASE KET
    1. CHRISTIANY EUGENIA PARUNTU 796 25.5 % ***
    2. FARRY REYKE LIWE 521 16.7 % ***
    3. VENTJE TUELA 381 12.2 % ***
    4. ASIANO GAMMY KAWATU 278 8.9 % ***
    5. JANTJE WAURAN 206 6.6 % ***
    6. HENDRIK D. WAWORUNTU 134 4.3 % ***
    7. RICKY S. TUMANDUK 122 3.9 % ***
    8. JAN LUKAS LAMBERTUS LOMBOK 100 3.2 % ***
    9. ANDRY HARRITS UMBOH 87 2.8 % ***
    10. VICKY TANOR 81 2.6 % ***
    11. HETTY ROOS MAWUNTU 75 2.4 % **
    12. SONNY FRANS TANDAYU 69 2.2 % **
    13. JHONNY R. SUMUAL 59 1.9 % **
    14. NOLDY DIDI MANOREKANG 47 1.5 % **
    15. FRANGKY DONALD TOLOH 41 1.3 % **
    16. KARTINI SIMBAR 37 1.2 % **
    17. FELLY ESTELITA RUNUWENE 34 1.1 % **
    18. HILDA SAROINSONG 25 0.8 % **
    19. FRANGKY WONGKAR 19 0.6 % **
    20. SYULTJE LINEKE SAERANG – RAMBI 8 0.3 % **
    T O T A L 3120 orang 100 % –

  7. TS Pan-tas Mantapkan 1 Putaran
    Tuesday, 23 March 2010

    POSKO, AMURANG—Tim Sukses (TS) calon Bupati Cristiany Eugenia ‘Tetty’ Paruntu dan calon Wakil Bupati Sonny F Tandayu (Pan-tas) terus mematangkan untuk memenangkan Pemilukada Minsel satu putaran.
    Berbagai kesiapan terus dilakukan termasuk sosialisasi “dor to dor” atau dari rumah ke rumah.
    “Kami sudah menyiapkan strategi khusus untuk memanangkan Pan-tas,” ujar Eva Telew TS Pan-tas yang juga kader PG.
    Telew sangat optimis Pan-tas berada di atas kertas dan bisa memenangkan pilkada dalam 1 putaran saja. “Kalau pilkada dilaksanakan sekarang, Pan-tas sudah menang,” ujarnya. Telew yakin apabila relawan dan tim-tim sukses Pan-tas konsisten menjaga konstituen kemenangan sudah ada didepan mata. “Kami akan berupaya mempertahankan popularitas dan dukungan warga Minsel terhadap pasangan calon Bupati dan wakil Bupati PG,” ujarnya. Baik Tetty Paruntu dan Sonny Tandayu, keduanya sebagai puttra dan putri terbaik Minsel. Dan keduanya sudah banyak berbuat untuk kemajuan dan kesejahteraan warga Minsel. “Apalgi kalau keduanya sudah menjadi Bupati dan wakil bupati Minsel, sudah sangat jelas masyarakat Minsel akan lebih sejahtera,” tandasnya.(705)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s