Tetty Paruntu: Minsel Harus BERPROSES!

Pendeta Gilbert Lumoindong S.Th berkotbah di hadapan 5.000 warga Minsel di Gedung Teguh Bersinar, Amurang, Minsel (15 Maret 2010)

Gaung kesuksesan penyelenggaraan KKR akbar “Minsel Diberkati” oleh Eugenia Ministry pimpinan Christiany Eugenia Tetty Paruntu pada 15 Maret 2010 lalu belum juga mereda. Perkiraan panitia bahwa KKR akbar itu akan dihadiri 2.000 orang meleset jauh. Di luar dugaan peserta KKR “Minsel Diberkati” ini membludak hingga 5.000 orang. Gedung Teguh Bersinar malam itu penuh sesak dan bahkan ribuan orang terpaksa berdiri di sekeliling halaman gedung tersebut untuk mengikuti KKR dengan pengkotbah Pendeta Gilbert Lumoindong.

“Ini KKR terbesar yang pernah terselenggarakan di Minsel,” komentar Nofita Ester, salah satu panitia KKR. Sementara Inyonk, seorang anggota tim sukses Tetty Paruntu, bahkan memperkirakan peserta KKR malam itu mencapai 7.000 orang. Memang, antusiasme masyarakat Minsel yang luar biasa dalam mengikuti KKR tersebut menunjukkan betapa besarnya kerinduan warga masyarakat untuk dapat hidup dalam kepenuhan rohani.

“Saya melihat kebangkitan rohani yang luar biasa di Minsel sekarang ini,” ujar Tetty, kandidat bupati dari Partai Golkar ini. “Sungguh, ini merupakan berkat Tuhan yang luar biasa untuk masyarakat Minsel secara keseluruhan. Banyak jiwa mengalami penyembuhan dan kebangkitan kembali,” tambah Tetty Paruntu yang berpasangan dengan birokrat Sonny F. Tandayu, dan dikenal dengan singkatan PANTAS (Paruntu-Tandayu).

Tetty Paruntu merasa tujuan KKR bertema “Minsel Diberkati” itu telah tercapai, yaitu memberikan keyakinan bahwa dengan kekuatan doa semua hal sangat mungkin kita raih. “Tuhan kita sungguh dahsyat! Bersama Tuhan apa pun bisa kita raih. Dengan keyakinan seperti ini, kita bisa melakukan banyak hal untuk membangkitkan Minsel tercinta ini,” tegas Tetty yang selama tujuh tahun terakhir aktif menyelenggarakan KKR melalui Eugenia Ministry, termasuk KKR akbar di Amurang pada 22 Juni 2008 lalu.

Berangkat dari kebangkitan rohani warga Minsel ini, Tetty melihat adanya potensi energi yang luar biasa untuk menggerakkan masyarakat menuju cita-cita bersama. Masyarakat Minsel bisa dipersatukan dalam sebuah visi yang sama, yaitu menjadi masyarakat yang beriman, produktif, sejahtera, dan sentosa.

Beriman dalam arti setiap sendi kehidupan dan aktivitas masyarakat dilandasi oleh iman yang teguh dan nilai-nilai religius. “Iman kita harus menjadi pelita dalam kegelapan, arah dalam perjalanan, dan bahkan menjadi sumber energi yang tiada habisnya,” jelas Tetty yang sejak kecil dididik sangat ketat dalam nilai-nilai kekristenan.

Produktif berarti berdasarkan iman dan nilai-nilai luhur itulah masyarakat akan bangkit dengan kekuatan penuh untuk memperbaiki kehidupannya dari berbagai aspek. “Kita sesungguhnya memiliki sumber daya yang kaya, baik itu SDM maupun sumber daya alam. Kita tidak boleh menyia-nyiakan itu semua. Jadi kita harus bangkit, harus aktif, harus menghasilkan banyak hal dengan segala sumber daya yang ada. Produktivitaslah yang menggerakkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Minsel,” tambah pengusaha nasional sukses ini.

Selanjutnya, dalam visi Tetty Paruntu, produktivitas akan mampu mewujudkan suatu masyarakat yang sejahtera. “Tidak ada kesejahteraan bisa diraih tanpa produktivitas. Tidak ada produktivitas yang berkualitas yang tidak menghasilkan kesejahteraan masyarakat. Jadi, tali-temali antara iman, produktivitas, dan kesejahteraan itu harus hidup dalam dada setiap warga Minsel. Dari situ kita pasti mampu melangkah dengan penuh motivasi.”

Dan akhirnya, sebuah masyarakat yang sentosa, aman, tenteram, dan damai adalah tujuan hakiki dari pembangunan itu sendiri. “Visi saya adalah masyarakat Minsel yang sentosa, yang sejahtera, aman dan tenteram. Masyarakat yang terjauhkan dari segala bencana, kesukaran, ataupun gangguan kamtibmas. Minsel yang berproses; beriman, produktif, sejahtera, dan sentosa. Dan, itu semua bisa kita raih dengan iman dan keyakinan kita yang kokoh kepada Tuhan,” tegas Tetty Paruntu.[]

2 responses to “Tetty Paruntu: Minsel Harus BERPROSES!

  1. Paruntu Makin Matang ke Pilbup

    Manado Post, Senin, 29 Maret 2010, 14:28:00

    AMURANG—Tahapan pelaksanaan Pemilu di Minsel, sudah jelas. Pasangan calon Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu yang mengandeng calon wakilnya Drs Sonny Tandayu, mantap menghadapi pertarungan. “Kami sudah siap untuk mengikuti semua tahapan pilkada yang ada,” ujar Paruntu, baru-baru ini.

    Paruntu sendiri yakin, dengan tahapan yang sudah ada, secara fisik, finansial bahkan yang paling utama dorongan dan doa masyarakat untuk masuk dalam Pilkada Minsel, dimantapkan. “Makanya kami selalu berharap masyarakat juga memberikan doa dan restu, supaya perjalanan untuk masuk ke Pilkada Minsel berjalan dengan baik,” tuturnya.

    Sejumlah persiapan dimatangkan para tim Pan-Tas (Sebutan Paruntu-Tandayu). Pun sejumlah program kerja terus dipaparkan. Dengan satu tujuan Minsel akan bisa mendapatkan satu perubahan yang baik di bawah kepemimpinan keduanya. Apalagi visi dan misinya begitu jelas. Untuk visi mewujudkan Kabupaten Minahasa Selatan yang beriman, berbudaya, mandiri, sejahtera, dan berdaya saing melalui percepatan dan ketepatan sasaran pembangunan disegala bidang. Dan misi yang ditawarkan masing-masing, terwujudnya sumberdaya manusia yang beriman, berbudaya, berkualitas dan profesional.

    Kemudian terwujudnya pelayanan aparatur pemerintahan secara optimal, supremasi hukum dan stabilitas politik yang aman dan terkendali. Tak terkecuali juga terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai dan tak kalah pentingnya peningkatan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.

    “Visi misi ini harus bisa terwujud, sebab masyarakat selalu berharap ada perubahan. Makanya kami minta juga calon bupati Tetty Paruntu untuk tetap eksis dengan masyarakat,” ungkap Markus Wowiling warga Minsel, yang mengaku senang dengan visi dan misi Pan-Tas yang sudah disebarkan ke publik.(vif/ras)

  2. Lintas Beriat Minsel
    Harian Komentar, 21 Juni 2008

    AMURANG – Yayasan Eugenia Ministry (YEM) milik putri sulung Ketua DPRD Minsel, Ny Jenny Tumbuan SE yakni Christiany Eugenia (Teti) Paruntu, Minggu (22/06) besok akan menggelar Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Pondok Teguh Bersinar pusat Kota Amurang. Sebagaimana sebuah KKR, tujuannya dalam rangka penyegaran iman bagi umat Kristiani di Minsel. Menariknya, YEM bakal menghadirkan sejumlah artis Ibukota Jakarta seperti Diana Nasution, Ronny Sianturi, Reinhard Nainggolan, Sion Gideon dan sejumlah artis dan pelawak daerah ‘Nyiur Melambai’ Sulut.
    Teti Paruntu didampingi Drs Robby Sangkoy MPd kepada sejumlah wartawan menyatakan, KKR akan dipimpin langsung Evanglis Tohab Sihotang. Selain akan memberikan penyegaran iman kepada umat Kristiani di Minsel, sasaran KKR ini adalah untuk terus mempererat per-saudaraan antar warga jemaat. “Oleh karena itu, diharapkan adanya keterpanggilan warga jemaat khususnya umat Kristiani di Minsel untuk datang bersama-sama melakukan ibadah KKR,” ungkap sosok yang santer diusung sebagai calon Bupati Minsel 2010 mendatang ini.(pen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s