Tetty Paruntu Tetap Elegan Menanggapi Isu Negatif

Begitu melekatnya Tetty Paruntu di hati warga Minsel dan popularitasnya yang terus menanjak telah menggelisahkan calon-calon kompetitornya.

Belum lama berselang, Manado Post menurunkan berita berjudul “Paruntu Teratas dari Semua Calon” (14/1) dan “Tetty Kian Tak Terbendung” (18/1). Dua berita dari koran terbesar di Sulawesi Utara itu seolah mengonfirmasi rekaman situasi dan kondisi terkini menyangkut popularitas Christiany Eugenia Paruntu di hati warga Minahasa Selatan (Minsel). Media massa di Sulut yang belakangan semakin intensif memberitakan segala aktivitas Tetty Paruntu dan tim-tim suksesnya yang bergerak cepat. Alhasil, terasa pemberitaan-pemberitaan tadi semakin mempercepat saja laju popularitas kandidat dari Partai Golkar tersebut.

Sosok perempuan pengusaha yang sukses dan penuh karisma ini seperti tengah menemukan momentumnya untuk semakin menancapkan pengaruh besar menjelang pemilihan bupati Minsel 2010 ini. Para simpatisan, pendukung, sukarelawan, dan tim-tim sukses Tetty Paruntu pun semakin yakin Tetty Paruntu akan berhasil memenangkan pilkada bupati Minsel 2010 ini. Keyakinan itu semakin menguat, dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, sampai muncul harapan Tetty Paruntu akan memenangkan pilkada dalam satu putaran saja. Tak heran bila kemudian (18/1) muncul Fans Page di Facebook yang berjudul “TETTY PARUNTU FOR MINSEL 2010 (SATU PUTARAN)”. Dalam waktu singkat, para pendukung pun mulai berdatangan memberikan pernyataan dukungan melalui  fans page ini.

Namun benar kata pepatah, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup.” Semakin Tetty Paruntu popular di mata warga Minsel dan masyarakat umumnya, semakin tak sedikit pula tantangan menerpanya. Popularitas dan kesiapan Tetty Paruntu tampaknya semakin menggelisahkan kubu calon-calon kompetitornya. Isu-isu negatif dan sifatnya menyerang kehidupan pribadi Tetty pun mulai diembuskan oleh pihak-pihak tertentu, yang diduga datang dari kubu calon-calon kompetitor tersebut.

Melihat kecenderungan seperti itu, sepertinya ada perasaan kecewa dalam tim-tim sukses Tetty Paruntu. Padahal, mereka selalu berharap kompetisi pilkada dapat berlangsung secara jujur dan fair, beretika, dan memberikan pendidikan politik yang baik kepada warga masyarakat. Anak-anak muda yang cukup dominan dalam tim-tim sukses Tetty Paruntu seolah sudah tidak sabar untuk meng-counter isu-isu negatif itu. Salah satu caranya adalah dengan membuka data-data dan informasi-informasi tentang kelemahan kubu-kubu yang mengembuskan isu negatif tadi.

Akan tetapi, Tetty Paruntu sebagai sosok leader sejati di sini justru tidak menghendaki hal tersebut. Ketimbang mengekspos data-data negatif yang memang mereka miliki, Tetty meminta tim suksesnya fokus pada konsolidasi internal dan terus mengembangkan praktik berkompetisi yang sehat. “Kita harus tetap concern dan solid, rapatkan barisan. Harus fokus pada tekad untuk meraih kemenangan bersama, bukan pada isu-isu yang menyerang pribadi saya,” tegas Tetty yang diakui oleh tim suksesnya memiliki pembawaan tegas, cerdas, dan berwibawa ini.

“Saya akan tetap maju walaupun banyak gejolak menghantam pribadi saya. Maju terus pantang mundur.  Sebab, bersama Yesus kita dapat menanggung segala perkara,” tegas Tetty memberikan motivasi kepada tim sukses dan para pendukungnya. Dan, kekompakan tim sukses pun berlanjut dengan komitmen untuk terus bermain secara elegan dan cantik dalam sosialisasi maupun kampanye politik nantinya.

Namun, ternyata bukan hanya isu negatif yang mulai diembus-embuskan pihak lawan. Koran Manado Post (22/1) baru saja memberitakan aksi vandalisme sejumlah oknum tidak bertanggung jawab di Minsel, yaitu dengan merusak baliho-baliho Tetty Paruntu. Hampir semua titik baliho Tetty dirusak dalam waktu yang hampir bersamaan sehingga kentara sekali aksi destruktif tersebut dilakukan secara sistematik atau teroganisir, dan diduga kuat berasal dari kubu-kubu calon kompetitor yang sangat ketakutan terhadap fenomena membesar dan meluasnya pengaruh Tetty Paruntu di Minsel.

Kejadian pengerusakan baliho-baliho Tetty Paruntu di Amurang, Bayungon, Ranomea, Kawangkoang Bawah, Tawaan, Tengaa, dan Motoiling, itu tentu sangat memprihatinkan semua simpatisan, pendukung, dan tim sukses Tetty Paruntu di lapangan. Walau begitu, kejadian tersebut juga menumbuhkan keyakinan mereka bahwa kubu calon kompetitor mulai panik dan gelisah menghadapi Tetty Paruntu yang semakin popular serta sudah sangat siap untuk berkompetisi. “Ini membuktikan kalau mereka punya rasa ketakutan besar untuk bertarung dengan calon kami,” tutur Franki Pasla, dari tim sukses Tetty Paruntu (Manado Post, 22/1).

Lalu, adakah keinginan untuk membalas tindakan-tindakan pengerusakan tersebut? Sama sekali tidak! Tetty Paruntu telah membekali tim-tim suksesnya maupun simpatisan di lapangan untuk tetap bersikap simpatik dan elegan. “Saya ikhlaskan saja, dan hanya bersyukur. Saya memaafkan mereka, biarlah itu terjadi,” kata Tetty Paruntu, sekaligus dia berharap agar peristiwa pengerusakan balihonya itu tidak sampai menimpa calon lainnya (Manado Post, 22/1). Dan, bukan itu saja, menurut Harian Posko Manado (23/1), Tetty justru mendoakan orang-orang yang berbuat culas tersebut, “Saya sudah mendoakan mereka, dan meminta agar mereka tetap diberkati.”

Tampaknya Tetty Paruntu maupun tim suksesnya juga sangat sadar bahwa tindakan-tindakan pengerusakan tersebut, maupun respon tenang yang mereka berikan, justru akan dilihat secara positif oleh seluruh rakyat Minsel. Rakyat Minsel yang cerdas-cerdas dan matang wawasannya justru akan semakin diyakinkan tentang pihak mana yang paling ideal, paling bisa diteladani, paling mengayomi, dan paling bisa dipercaya untuk memimpin mereka lima tahun ke depan.

“Maju terus! Semakin banyak mereka memakai cara-cara mereka yang tidak terpuji, semakin banyak simpati dari masyarakat. Jangan berkecil hati, terus kibarkan panji-panjimu,” pekik Andi Juanda, seorang facebooker. Jadi, tanpa disadari oleh para pengerusak dan oknum-oknum yang menggerakkan mereka, ternyata tindakan-tindakan mereka itu justru akan semakin mempermudah dan memperlebar jalan kemenangan Tetty Paruntu dalam pilkada 2010 ini. Amin![]

4 responses to “Tetty Paruntu Tetap Elegan Menanggapi Isu Negatif

  1. Memang situasi seperti ini harus siap kita hadapi… dengan ini simpati rakyat MINSEL terhadap Tetty Paruntu akan semakin tinggi.. mungkin saja ini juga bentuk pelampiasan kandidat lain yang merasa tidak bisa bersaing sehat….
    mari kita tanggapi dengan kepala dingin dan mendoakan dan memaafkan orang yang berbuat itu…….

  2. hal seperti ini biasa dalam dunia politik, apalagi pilkada…
    saya bangga dengan sikap dan tindakan yang diambil oleh Tetty, karena hal ini secara tdk langsung mencerminkan sifat pribadinya yaitu tenang, namun tidak cuek dalam menghadapi masalah…
    Pemimpin yg bisa dengan tenang, dan tegas dlm melaksanakan visi misinya ke depan, adalah pemimpin yg qt cari selama ini…
    Maju terus, qt semua akan slalu mendukung…
    Tuhan Yesus memberkati…

  3. ViCtor YeFta

    Dengan kejadian yang terjadi akhir2 ini menunjukkan bahwa Tetty Paruntu merupakan salah satu sosok calon pemimpin Minsel (CaBup) yang menjadi perhatian publik di Minsel….sebenarnya kami sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi akhir2 ini yang ditujukan kpd Tetty Paruntu di mulai dari isu-isu negatif bahkan sampai pada pengrusakan baliho…tapi ada juga nilai positif bagi kami Tim TP karena itu justru menambah semangat kami, memotivasi kami utk lebih dan lebih lagi bekerja…dan luar biasa hasilnya dukungan masyarakat Minsel pasca kejadian tsb terhadap TP terus bertambah.
    Kejahatan tdk boleh membalas dengan kejahatan…itulah yg kami pegang.
    Apa yang kita tabur itu pula yang akan kita tuai…
    Taburlah kebaikan maka kita akan menuai kebaikan pula….

    Optimisme adalah memandang hidup ini sebagai persembahan terbaik. Tidak ada sesuatu yang terjadi begitu saja dan mengalir sia-sia. Pasti ada tujuan. Pasti ada maksud.

    Ora Et Labora…
    Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan…
    Tuhan Yesus memberkati dan menyertai setiap langkah hidup kita

    Sukses Selalu

  4. CEP Doakan Perusak Baliho

    Harian POSKO, Saturday, 23 Januari 2010.

    POSKO, AMURANG — Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) 2010 Minsel membuat konstalasi politik ikut memanas. Bukan hanya terjadi perang urat saraf antara sesama pendukung. Namun ada sejumlah oknum yang dinilai kolot dalam berpolitik menggunakan cara tidak terpuji.

    Ini terbukti dengan adanya perusakan sejumlah Baliho dan alat peraga sosialisasi milik Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Minsel. Salah satunya Baliho milik Christiany Eugenia Paruntu (CEP) yang dipajang di hampir semua ruas jalan di wilayah Minsel ditengarai sengaja dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. “Kami belum tahu pasti motif perusakan baliho itu, tapi keyakinan kami mereka sangat “ketakutan” dengan calon Bupati CEP, karena baru calon ini yang sudah memiliki kepastian diusung PG sebagai calon Bupati Minsel 2010-2015),” ujar Frangky Pasla SE dan sejumlah tim sukses CEP. Bukan itu saja ribuan pendukung CEP yang termasuk dalam tim relawan merasa geram karena masih ada warga yang berpikiran kolot dalam berpolitik.

    Sementara itu CEP yang biasa disapa Tetty putri kesayangan Prof J Paruntu anggota DPRD Provinsi dan Jenny J Tumbuan, SE pimpinan DPRD Minsel saat dimintai keterangan mengatakan aksi perusakan terhadap balihonya tidak akan mempengaruhi niatnya untuk bertarung dalam Pilkada. Bahkan Tetty yang peduli terhadap warga kurang mampu ini, justru mengaku sudah mendoakan mereka yang melakukan aksi perusakan, agar diberikan hikmat dan akal budi kebijaksanaan, serta meminta agar ada pengampunan dari Tuhan Yang Maha Esa. “saya sudah mendoakan mereka, dan meminta agar mereka tetap diberkati,”ujarnya.(705/*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s